5 Kiat Memilih Vendor Katering untuk Resepsi Pernikahan

Dari sekian banyak hal yang perlu dipersiapkan sebelum menggelar resepsi pernikahan, katering bisa jadi merupakan faktor yang paling krusial. Pasalnya, sajian yang dipilih untuk menjamu para tamu banyak dinilai sebagai penentu suksesnya sebuah resepsi.
Wike Dita Herlinda | 19 April 2018 14:22 WIB
Katering. - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA—Dari sekian banyak hal yang perlu dipersiapkan sebelum menggelar resepsi pernikahan, katering bisa jadi merupakan faktor yang paling krusial. Pasalnya, sajian yang dipilih untuk menjamu para tamu banyak dinilai sebagai penentu suksesnya sebuah resepsi.

Dalam memilih vendor katering yang tepat, para calon mempelai sebaiknya jangan hanya mempertimbangkan soal rasa. Ada hal-hal lain yang perlu diperhatikan untuk menjaga agar para tamu meninggalkan kesan mendalam dari acara resepsi pernikahan.

Apa sajakah hal-hal yang harus diperhatikan dalam memilih vendor katering? Berikut rekomendasi dari tim Weddingku, salah satu marketplace pernikahan terbesar di Indonesia:

Perhatikan Kebersiahan dan Higienitas

Selain cita rasa makanan, kunci utama dari vendor katering yang berkompeten adalah mampu menjaga kebersihan dan higienitas. Terkadang kedua aspek tersebut jarang diperhatikan oleh para calon mempelai, padahal banyak vendor katering yang abai terhadap faktor kebersihan.

Untuk dapat menilai vendor yang peduli pada kebersihan dan higientias, para calon mempelai dapat melihatnya dari cara tim katering dalam mengolah dan mempersiapkan sajian. Jika perlu, datangi pernikahan yang sedang menggunakan vendor tersebut guna menambah referensi.

Indikator lain yang bisa digunakan untuk melihat standar kebersihan vendor katering adalah dengan memperhatikan perlengkapan makan yang digunakan. Dari situ akan terlihat apakah mereka peduli dengan higientias atau tidak.

Lihat Presentasi Sajian

Penampilan makanan dan minuman saat disajikan adalah faktor lain yang harus dipertimbangkan saat memilih vendor katering. Perhatikan cara vendor tersebut mengolah plating, garnishing, hingga dressing-nya.

Presentasi sangat memainkan peran penting dalam menggugah selera para tamu. Jangan hanya memikirkan indahnya dekorasi dan pelaminan saja saat resepsi pernikahan, tetapi perhatikan juga estetika penyajian makanan dan minuman yang disediakan.

Penampilan Tim Katering

Penampilan memang bukan segalanya. Namun, penampilan yang ala kadarnya terkadang mempengaruhi penilaian terhadap seseorang. Demikian halnya penampilan para petugas vendor katering.

Meskipun kita tidak dapat menjamin hasil kerja atau kualitas makanan berdasarkan penampilan para pegawai vendor katering, faktor ini tetap harus menjadi pertimbangan. Pasalnya, penampilan para petugas vendor katering akan turut mempengaruhi citra resepsi pernikahan yang digelar.

Cermati Kesigapan Petugas

Hal lain yang perlu dipertimbangkan saat memilih vendor katering adalah melihat seberapa sigap dan cekatan tim vendor tersebut. Perhatikanlah cara mereka melayani para tamu. Perhaikan juga sistem supervisi tim katering dalam mengawasi pasokan makanan.

Tidak hanya itu, cermati juga bagaimana cara mereka menangani piring kotor. Apakah mereka mengabaikannya atau dengan cepat membereskan perangkat makan kotor yang berserakan.

Kecekatan adalah hal wajib yang harus dimiliki oleh vendor katering agar acara resepsi pernikahan berjalan lancar dan tamu undangan merasa nyaman. Jangan sampai Anda dibuat malu di depan para tamu karena pasokan makanan kurang atau piring kotor yang berserakan.

Lihat Sikap dan Perangai

Tim vendor katering yang baik akan bersikap sopan dan ramah saat melayani para tamu. Jadi, pilihlah vendor yang memberikan pelayanan terbaik bagi para tamu, karena pelayanan itulah yang akan menjadi sorotan dan meninggalkan kesan dalam acara resepsi pernikahan.

Tag : pernikahan, katering
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top