IIMS 2018: Komunitas Manusia Cebol Senang Hibur Pengunjung

Komunitas Antik yang menghimpun orang-orang bertubuh pendek (cryptozoology) - di tengah masyarakat dikenal dengan istilah cebol, memiliki tinggi kurang dari 1 meter - misalnya, menerima aliran rezeki dari 11 hari penyelenggaraan IIMS 2018 di JIEXPO Kemayoran, Jakarta Pusat, dari 19 April hingga 29 April 2018.
Yusran Yunus | 21 April 2018 19:50 WIB
Komunitas Antik sesaat sebelum tampil di sesi Happening Art IIMS 2018 di JIEXPO Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (21/4/2018). - Bisnis/Yusran Yunus

Bisnis.com, JAKARTA - Perhelatan besar seperti pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) membawa efek langsung maupun tidak langsung terhadap pelaku usaha nonotomotif, seperti event organizer dari skala besar hingga kecil.

Komunitas Antik yang menghimpun orang-orang bertubuh pendek (cryptozoology) -- di tengah masyarakat dikenal dengan istilah cebol, memiliki tinggi kurang dari 1 meter -- misalnya, menerima aliran rezeki dari 11 hari penyelenggaraan IIMS 2018 di JIEXPO Kemayoran, Jakarta Pusat, dari 19 April hingga 29 April 2018.

"Kami sangat senang bisa mendapat kesempatan menghibur para pengunjung di sesi happening art IIMS. Lumayan memberikan lapangan kerja temporer bagi mereka. Kalau sering dapat job seperti gini, kan kehidupan mereka pun ikut terangkat," kata Prio, Koordinator Komunitas Antik, kepada Bisnis di sela-sela persiapan happening art di IIMS JIEXPO Kemayoran, Sabtu (21/4/2018).

Prio mengaku Komunitas Antik untuk pertama kali tampil menghibur pengunjung di event sebesar IIMS. Biasanya hanya tampil di acara-acara skala kecil yang memberikan fee kecil.

"Yang penting, mereka bisa tampil lebih percaya diri dan mendapatkan bayaran yang pantas agar kehidupan mereka pun terangkat di tengah-tengah masyarakat. Kami mengapresiasi perhatian pihak penyelenggara yang sudah memberi job," ujarnya.

Dengan sering perform di even-even besar, Komunitas Antik berharap bisa semakin dikenal sebagai komunitas yang memiliki keterampilan menghibur dengan cara yang unik.  "Insya Allah kami juga akan tampil di arena Pekan Raya Jakarta".

Tut Nuri Handayani (26), anggota Komunitas Antik, berharap ke depannya bisa mendapat kesempatan perform yang lebih sering guna menutupi biaya hidup sehari-hari. "Harapannya bisa lebih sering dapat job seperti ini," ujar Tut Nuri yang aktif di sanggar seni binaan aktor Usnan Batubara (Ucok Baba).

Pameran IIMS diikuti sejumlah agen tunggal pemegang merek (ATPM) dan agen pemegang merek (APM) roda empat (4W) yakni Audi, BMW, Chevrolet, Datsun, DFSK, Honda, Hyundai, Mazda, Mercedes-Benz, Mini, Mitsubishi Motors, Nissan, Suzuki, Toyota, Volkswagen, serta Wuling.

Ikut serta juga 3 Importir Umum (IU) yakni Glamour, Ivan's Motor, dan Prestige.Adapun peserta dari jajaran roda dua (2W) terdiri dari Aprilia, Astra Honda Motor, BMW Motorrad, Benelli, Gas Gas, Harley-Davidson, Husqvarna, Kawasaki, KTM, Kymco, Motoguzzi, Piaggio, Royal Enfield, Suzuki, Triumph, serta Vespa.

Perusahaan teknologi dan platform e-commerce terbesar di Tanah Air saat ini, Bukalapak, menjadi sponsor utama even ini, sedangkan Mandiri Tunas Finance dan Intersport menjadi sponsor pendukung.

IIMS 2018 diikuti oleh 38 merek kendaraan dan lebih dari 350 perusahaan. Dyandra Promosindo (Kompas Gramedia) menargetkan 525.000 pengunjung dengan target transaksi mencapai Rp3,3 triliun.

Tag : seni musik, IIMS 2018
Editor : Fatkhul Maskur

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top