Floating Yoga: Olahraga Melawan Gravitasi, Baik untuk Tulang Punggung

Yoga menjadi salah satu olahraga yang populer karena dinilai memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Tak heran pusat kebugaran di Tanah Air juga menyediakan kelas yoga yang dapat menjadi pilihan bagi anggotanya untuk berolah raga.
Dinda Wulandari | 10 Juli 2018 17:45 WIB
Instruktur Celebrity Fitness Palembang Icon Mal memeragakan salah satu gerakan floating yoga, Selasa (10/7/2018). - Bisnis/Dinda wulandari

Bisnis.com, PALEMBANG – Yoga menjadi salah satu olahraga yang populer karena dinilai memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Tak heran pusat kebugaran di Tanah Air juga menyediakan kelas yoga yang dapat menjadi pilihan bagi anggotanya untuk berola hraga. 

Bagi yang menyukai tantangan dalam berolahraga, Anda bisa mencoba floating yoga, yakni jenis yoga dengan prinsip utama melawan gravitasi. 

Salah satu pusat kebugaran yang menawarkan kelas yoga adalah Celebrity Fitness ,jaringan kebugaran yang tersebar di berbagai kota di Indonesia. 

Country Manager Celebrity Fitness David Prosser mengatakan latihan floating yoga mengharuskan bagian tubuh tertentu untuk melawan gravitasi di tengah udara dengan dukungan fisik dari hammock atau tempat tidur gantung.  

"Dengan peralatan seperti hammock membuat kita lebih mudah untuk menjelajahi batas fleksibilitas dibanding saat tubuh kita sepenuhnya di lantai," katanya saat acara demo floating yoga di Celebrity Fitness Palembang Icon Mal, Selasa (10/7/2018).

Memang hammock menjadi alat utama dalam floating yoga untuk menahan berat gravitasi tubuh saat melakukan gerakan yoga Asana, yang terdiri dari pembungkukan, inversi, rotasi, perenggangan tubuh dan gaya berdiri. 

Struktur hammock sendiri diyakini dapat mendukung batas berat 300 pon atau sekitar 136 kilogram. 

Prosser menerangkan floating yoga sangat baik untuk tulang belakang karena Anda membungkukkan dan meregangkan seluruh tubuh selama gerakan-gerakan pilihan. Khasiatnya, kata dia, penjajaran struktur tulang belakang tersebut bisa mencegah dan memulihkan sakit punggung. 

"Sebagai tambahan, floating yoga juga membantu mengaktifkan kembali peredaran darah serta pernafasan sistem tubuh sekaligus mempertajam keseimbangan mental," katanya. 

Setelah berolahraga floating yoga,  Prosser melanjutkan, kita akan bernafas lebih baik, terasa lebih kuat dan lebih mudah fokus. 

Floating yoga dapat dilakukan dengan nyaman jika kita mengenakan baju yang nyaman tanpa kancing,  seleting maupun lipatan kain untuk meminimalisir risiko cedera dari gesetan. 

Untuk hasil terbaik, Prosser menyarankan agar tidak mengkonsumsi makanan berat setidaknya selama 2 jam sebelum sesi latihan. 

"Makanan yang paling cocok untuk floating yoga adalah makanan dengan konten energi tinggi, seperti sereal dan minuman energi, sedangkan makanan yang tidak baik untuk latihan ini adalah makanan yang mengandung tingkat asam dan minyak yang tinggi," paparnya. 

Prosser mengemukakan floating yoga telah menjadi program signature di Celebrity Fitness yang didukung instruktur tersertifikasi. 

"Di samping fasilitas hammock yang nyaman, kami juga meningkatkan nuansa olahraga dengan desain studio yang keren dan musik yang menenangkan," ujarnya. 

 

Tag : YOGA
Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top