Tips Menciptakan Quality Time Bersama Keluarga

Tips Menciptakan Quality Time Bersama Keluarga
Eva Rianti | 30 Agustus 2018 19:30 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Meluangkan waktu quality time bersama keluarga secara lahir dan batin menjadi tantangan tersendiri bagi sebagian besar orang.

Psikolog Intan Erlita memberikan tiga tips sederhana untuk menciptakan quality time bersama keluarga.

Pertama, memaksakan diri sekali dalam sepekan untuk quality time. Intensitas ini bisa saja dilakukan secara berproses, semisal baru bisa melakukannya sebulan sekali atau dua minggu sekali. Namun, yang cukup ideal adalah sekali dalam sepekan.

Quality time ini menurut Intan sangat bisa dilakukan seiring dengan banyaknya fasilitas yang tersedia, semisal Car Free Day (CFD). Kegiatan rutin mingguan ini bisa menjadi ajang bagi keluarga untuk bercengkerama dan me-refresh pikiran serta hati.

“Orang-orang Indonesia mendapat cukup banyak fasilitas untuk quality time, seperti CFD yang digalakkan pemerintah. Bahkan banyak juga kalangan swasta yang turut berperan menyediakan fasilitas quality time bagi keluarga,” ujarnya kepada Bisnis, Kamis (30/8/2018).

Kedua, menciptakan quality time bersama keluarga tidaklah harus mahal atau harus dengan destinasi yang jauh.

Quality time di rumah saja juga bisa, misalnya memasak, menggambar, membikin kue, dan mengerjakan pekerjaan rumah,” katanya.  

Ketiga, mengesampingkan dulu gadget masing-masing anggota keluarga. Intan menjelaskan bahwa gadget yang merupakan bentuk dari kemajuan teknologi seharusnya bukan yang mengatur manusia, melainkan sebaliknya, yakni manusia yang mengaturnya. 

“Kita balik lagi ke teori yang lama deh dimana enak ngobrol tatap muka. Artinya, ketika kita berkomunikasi dengan anak, pasangan, atau orang tua, akan ada gestur, ekspresi, dan emosi. Itu yang membangun rasa dari quality time,” jelasnya.

"Quality time itu harus dirancang dan dilakukan," tutupnya.  

Tag : parenting
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top