Ternyata Ini yang Dilakukan Emak-emak Zaman Now Saat Main Internet

Berdasarkan hasil riset tahunan theAsianparent \'Indonesian Digital Mums Survey 2018 ditemukan fakta bahwa konsumsi internet yang dilakukan oleh ibu-ibu meningkat menjadi 48,7%.Dimana para ibu mengaku mereka sering mengunjungi situs parenting (24%), bermain media sosial (20%) dan berbelanja secara online (19%).
Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh | 12 September 2018 19:55 WIB
Ilustrasi - Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - Berdasarkan hasil riset tahunan theAsianparent 'Indonesian Digital Mums Survey 2018 ditemukan fakta bahwa konsumsi internet yang dilakukan oleh ibu-ibu meningkat menjadi 48,7%.

Dimana para ibu mengaku mereka sering mengunjungi situs parenting (24%), bermain media sosial (20%) dan berbelanja secara online (19%).

Lalu fakta lainnya adalah Instagram telah mengambil alih Facebook sebagai platform media sosial yang paling banyak digunakan dengan total persentasi penggunaan platform medsos ini lebih dari 98,5%.

"Ibu digital Indonesia memiliki setidaknya 1 akun Instagram," tutur Putri Fitria, Associated Regional Head of Content Tickled Media pada acara "Sharing Kebiasaan Digital Ibu-ibu Zaman Now" di Block71, Gedung Ariobimo Sentral, Kuningan, DKI Jakarta, Rabu (12/9/2018).

Di mana 34% dari ibu zaman now juga menghabiskan banyak waktu untuk mengakses Instagram setidaknya 1-3 jam per hari dan kurang dari 1 jam sehari untuk mengakses Facebook.

"Perusahaan perlu memperhatikan fakta bahwa 90% dari ibu saat ini mengatakan mereka menyukai atau mengikuti setidaknya satu merek di media sosial dengan alasan diskon atau kupon sebesar 43% dan ibu digital yang selalu update mengenai produk dan penawaran terbaru ada sebanya 41%.

Survei ini juga menemukan fakta bahwa Smartphone menjadi pilihan utama bagi para ibu digital untuk menjelajahi internet.

"Android masih menjadi sistem operasi pilihan utama para ibu dengan total hasil survei sebesar 87%," tutur Putri

Samsung (31%) adalah merek ponsel yang disukai untuk kalangan berpenghasilan tinggi dengan total persentase pengguna sebanyak 31% sementara Xiaomi (28%) digunakan sebagian besar oleh ibu digital kelompok menengah kebawah.

"Fleksibilitas smartphone memungkinkan para ibu untuk melakukan pencarian saat on-the-go. Hanya 7% ibu yang menggunakan laptop atau tablet untuk browsing," lanjut Putri.

Selain itu, 75% dari ibu digital Indonesia lebih suka menonton film atau konten video di YouTube dibandingkan dengan TV tradisional (65%).

Topik yang paling banyak ditonton secara online oleh para ibu di Indonesia adalah konten terkait parenting sebanyak 96%, diikuti oleh topik makanan sehat dan resep makanan.

Selain itu ditemukan juga bahwa seorang Ibu berbelanja online 2-3 kali sebulan dengan pembelanjaan produk anak-anak yang mendominasi.

"Sebesar 95,4% ibu digital melakukan belanja online dengan 67% melakukannya setidaknya 2-3 kali sebulan dan keperluan anak sebagai barang belanja utamanya," kata Putri.

Sebanyak 87% ibu menyatakan paling suka berbelanja online di Shopee, diikuti oleh Instagram (65%) dan Tokopedia (56%).

Adanya transaksi digital juga dimanfaatkan oleh para ibu digital saat ini. Di mana sekitar 44% ibu digital Indonesia kini memiliki setidaknya 1 akun e-money atau digital wallet dengan GoPay mendominasi sebesar 75%.

"Mereka terutama menggunakan layanan GoPay untuk transportasi (38%) dan belanja (32%)," tandas Putri.

 

Tag : internet
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top