Hipertensi. /Bisnis.comj
Health

Kadar Urine Berkurang, Tanda Hipertensi Cukup Parah

Newswire
Senin, 1 Oktober 2018 - 14:35
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Hipertensi adalah salah satu penyakit berbahaya yang bisa mematikan.

Sayangnya, banyak orang tidak menyadari jika dirinya terkena hipertensi, padahal salah satu gejalanya bisa diamati melalui berkurangnya jumlah urine.

Menurut National Health Services (NHS), lebih dari seperempat orang dewasa di Inggris, tidak menyadari sedang terkena hipertensi.

Bila seseorang mengalami tekanan darah yang sangat tinggi (hipertensi maligna), muncul gejala berkurangnya urine (kurang dari 400ml selama 24 jam), sebagaimana dikutip Express, Minggu (30/9).

Namun, berkurangnya urine juga dapat menjadi pertanda adanya penyakit ginjal atau dehidrasi. Untuk kepastiannya, silakan Anda memeriksakan diri ke dokter.

Selain urine yang berkurang, hipertensi maligna memunculkan gejala lain, di antaranya sakit kepala yang hebat, penglihatan bermasalah, nyeri dada, mimisan, terdapat darah dalam urine, juga mual dan muntah Menurut NHS, tekanan darah normal itu antara 90/60 mmHg dan 120/80mmHg. Kemudian, tekanan darah tinggi adalah 140/90mmHg atau lebih. Sedangkan hipertensi maligna di atas 180/120mmHg.

Saat pemeriksaan tekanan darah, Healthline menyarankan agar pengukuran tekanan darah setelah pembacaan pertama menunggu beberapa menit sebelum pengukuran tekanan darah berikutnya.

Namun bila tekanan pembacaan tekanan darah tinggi masih tetap tinggi, segera hubungi layanan darurat.

Hipertensi maligna berkembang cepat dan sering disebabkan oleh tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol dengan baik. Sebagai contoh, jika Anda minum obat untuk tekanan darah tinggi tetapi kehilangan dosis, Anda bisa berisiko mengalami krisis hipertensi.

Hipertensi maligna berbahaya karena dapat menyebabkan cairan di paru-paru, pembengkakan atau perdarahan otak, dan stroke.

Oleh karena itu, NHS menyarankan agar orang dewasa memeriksakan tekanan darah tinggi secara teratur karena hipertensi jarang memiliki gejala yang terlihat.

"Semua orang dewasa di atas 40 tahun disarankan untuk memeriksakan tekanan darah mereka setidaknya setiap lima tahun. Lakukan dengan mudah dan hal itu dapat menyelamatkan hidupmu," kata NHS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro