Begini Cara Mencegah Dehidrasi selama Hari Tanpa Bayangan

Hari tanpa bayangan adalah sebutan saat matahari berada di titik kulminasi, atau tegak lurus dengan benda yang disinari sehingga tingkat panas matahari akan lebih dibandingkan hari biasa.
Gloria Fransisca Katharina Lawi | 11 Oktober 2018 14:03 WIB
Cara menghindari dehidrasi saat hari tanoa bayangan - Instagram@humas_jabar

Bisnis.com, JAKARTA – Hari tanpa bayangan adalah sebutan saat matahari berada di titik kulminasi, atau tegak lurus dengan benda yang disinari sehingga tingkat panas matahari akan lebih dibandingkan hari biasa.

Dikutip dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), kulminasi adalah fenomena matahari tepat berada paling tinggi. Saat deklinasi, matahari akan sama dengan lintang pengamat. Kondisi ini yang membuat bayangan menjadi hilang.

Tahun ini, matahari tepat berada di khatulistiwa pada 20 Maret 2018 pukul 23.15 WIB, dan 23 September 2018 pada pukul 08.54 WIB. Ada pula pada 21 Juni 2018 lalu pukul 17.07 WIB. Selanjutnya, matahari berada di titik balik Utara pada 22 September 2018 pukul 05.23 WIB.

Momentum hari tanpa bayangan juga menjadi salah satu incaran orang yang mengabadikan lewat foto. Berikut sejumlah tip bagi sejumlah kota yang masih akan menghadapi hari tanpa bayangan sampai 20 Oktober 2018.

Tip berikut penting untuk menjaga stamina dan kesehatan selama beraktivitas ataupun melakukan perjalanan di tengah hari tanpa bayangan dari unggahan Humas Pemerintah Provinsi Jawa Barat @humas_jabar melalui Instagram;

1.Perbanyak air minum

Pastikan membawa botol minum selama beraktivitas di tengah hari tanpa bayangan. Tujuannya supaya tidak mudah terserang dehidrasi.

2.Tutup jendela dan turunkan tirai jendera dan buka kembali ketika cuaca lebih dingin

Buat yang hanya ingin berdiam dalam rumah, bisa menutup jendela supaya mencegah panas matahari terserap masuk ke rumah atau ruang kerja. Buka kembali ketika terik matahari berkurang.

3.Hindari paparan sinar matahari terutama pukul 12.00 – 14.00

Nah, buat yang sedang tidak melakukan uji coba ’selfie ‘di tengah hari tanpa bayangan, Anda bisa mengurangi intensitas keluar dari rumah atau kantor.

4.Pakai payung atau penutup kepala jika harus beraktivitas di luar pada siang hari

Jika Anda memang menghabiskan waktu lebih banyak di luar ruang kantor dan rumah, pastikan anda membawa payung dan penutup kepala seperti topi. Dengan demikian Anda bisa terhindar dari paparan sinar matahari yang menyengat memasuki jam-jam tanpa bayangan.

5.Gunakan pakaian yang longgar dan berbahan dingin

Apakah Anda mudah berkeringat? Cuaca yang sangat panas selama momen kulminasi ini otomatis membuat produksi keringat meningkat. Oleh sebab itu, pilihlah pakaian yang lebih longgar dengan bahan dingin. Dengan demikian lebih nyaman beraktivitas selama hari tanpa bayangan.

6.Konsumsi rutin sayur dan buah

Buah dan sayur akan sangat bermanfaat menambah kandungan air dalam tubuh anda. Ini bisa menjadi solusi yang melengkapi kebutuhan air minum, serta efektif menjaga suhu tubuh anda stabil.

Tag : cuaca, bmkg, kenaikan suhu
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top