Buku Silent Comic "Gugug!" Berkisah Tentang Jakarta

Buku berjudul “Gugug!” karya Mohammad Taufiq telah diluncurkan pada Selasa (6/11/2018). Peluncuran buku ini bersamaan dengan dibukanya pameran bertajuk “Gugug!”.  
Eva Rianti | 08 November 2018 07:16 WIB
Penulis Buku Gugug! Mohammad Taufiq atau Emte (kanan) tengah berbicara dalam acara peluncuran buku Gugug! dan pameran Gugug! di Ganara Art Gallery, Jakarta, Selasa (6/11/2018) - Bisnis/Eva Rianti

Bisnis.com, JAKARTA – Buku berjudul “Gugug!” karya Mohammad Taufiq telah diluncurkan pada Selasa (6/11/2018). Peluncuran buku ini bersamaan dengan dibukanya pameran bertajuk “Gugug!”.  

“Gugug!” terbilang karya yang unik. Mulai dari judul bukunya yang anti mainstream dan isinya yang tanpa teks, alias full gambar yang digores oleh sang penulis yang biasa dipanggil Emte ini. Buku tanpa dialog ini secara umum berbicara tentang ibu kota Indonesia, yakni Jakarta.  

“Ide pembuatan Gugug! Awalnya terinspirasi dari kota tempat saya tinggal, yaitu Jakarta. Banyak cerita tentang lingkungan Jakarta dan orang-orangnya yang ingin saya bagikan, diantaranya lewat komik dan pameran,” tutur Emte dalam acara peluncuran buku dan pameran Gugug! di Ganara Art Gallery, Kemang, Jakarta.

Melalui karyanya tersebut, Emte ingin memperlihatkan bahwa walaupun banyak kekurangan pada sebuah kota, tetapi kekurangan-kekurangan itulah yang ternyata membentuk manusia-manusia di dalamnya.

“Gugug!” menceritakan petualangan seekor anjing yang mengarungi kehidupan sebuah kota besar. Di dalam silent comic tersebut, Emte menunjukkan banyak hal yang terpinggirkan dalam hierarki kehidupan urban, seperti permukiman kumuh dan komunitas jalanan.

Buku ini dinilai bisa menjadi salah satu referensi kehidupan sosial masyarakat masa kini yang disampaikan dari sudut pandang seorang komikus.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
buku

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top