Tomat/Istimewa
Health

13 Makanan Bikin Otak "Encer" dan Sehat

Tika Anggreni Purba
Minggu, 18 November 2018 - 21:41
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Kesehatan otak merupakan hal penting yang tidak bisa diabaikan. Soalnya otak merupakan bagian penting yang mempengaruhi seluruh kehidupan manusia, khususnya dalam mengendalikan  kinerja tubuh.
 
Bagaimana caranya agar otak tetap sehat sehingga kita bisa berpikir lebih tajam? Konsumsilah makanan yang mengandung antioksidan  tinggi, termasuk  vitamin dan mineral. Makanan yang mengandung kandungan gizi tersebut sudah terbukti dapat meningkatkan kemampuan memori dan mencegah penyakit di otak.
 
Berikut ini 13 jenis makanan yang mengandung zat gizi yang bermanfaat untuk otak dilansir lifehack.org:
 
1.  Kacang walnut
Walnut sangat baik untuk kesehatan jantung dan otak karena mengandung lemak nabati yang sehat. Secara khusus, walnut mengandung alpha-linolenic acid (ALA) yang merupakan salah satu tipe omega-3 yang sangat baik untuk kesehatan otak.
 
2.  Salmon
Lemak ikan salmon sangat bermanfaat bagi kesehatan otak karena ia kaya omega-3.
 
3.  Kunyit
Kandungan kunyit dapat meningkatkan fungsi otak sekaligus juga memperlambat penurunan fungsi otak akibat faktor degeneratif.
 
4.  Blueberry
Kandungan antioksidan pada blueberry sangatlah tinggi. Kebiasaan mengonsumsi dua porsi blueberry setiap minggu dapat meningkatkan kemampuan mengingat dan mencegah penurunan daya ingat.
 
5. Tomat
Karena otak manusia mengandung lemak, kandungan serat pada tomat dapat menjadi penjaga agar otak tetap aman. Tomat mengandung karotenoid yang adalah antioksidan tinggi untuk mencegah efek radikal bebas pada otak.
 
6.  Chia
Biji chia kaya akan omega-3 yang dapat meningkatkan kualitas kesehatan otak.
 
7.  Brokoli
Sayuran berwarna hijau tua seperti brokoli dapat menghambat penurunan fungsi kognitif otak. Brokoli kaya akan vitamin A, folat, lutein, dan serat.
 
8.  Apel
Studi membuktikan bahwa komponen dalam apel dapat membantu sel saraf dalam melawan oksidasi dan peradangan di otak.
 
9.  Bayam
Kandungan zat besi, kalsium, vitamin, betakaroten, dan serat dalam bayam dapat melindungi otak dari efek radikal bebas.
 
10.  Bawang merah
Tanaman ini mengandung folat alami. Folat dapat meningkatkan aliran darah ke otak dengan cara mengurangi level homosistein di otak.
 
11.  Biji rami
Biji rami kaya akan omega 3 dan ALA. Ia dapat membantu mengurangi tekanan darah tinggi dan melancarkan peredaran darah ke otak. Hal ini tentu membantu dalam mengurangi  risiko penyakit kardiovaskular.
 
12.  Kopi
Konsumsi kafein dari kopi dengan porsi sewajarnya dapat meningkatkan daya ingat.
 
13.  Teh
Kandungan kafein dan asam amino dalam teh bermanfaat untuk peningkatan fungsi otak. Teh hijau misalnya, telah terbukti melalui penelitian dapat meningkatkan fungsi kognitif dan fungsi memori.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Nancy Junita
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro