Kiat Mencerahkan Kulit dengan Baking Soda

Kiat Mencerahkan Kulit dengan Baking Soda
Eva Rianti | 19 November 2018 09:18 WIB
Wajah awet muda - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Kulit tubuh seringkali berubah menjadi lebih gelap atau kusam karena berbagai faktor eksternal, seperti terkena sinar UV yang berbahaya dari matahari atau polusi, dan kadangkala karena salah memilih kosmetik.

Untuk mengatasi hal itu, kebanyakan orang cenderung menggunakan produk-produk tertentu yang mampu mencerahkan kembali kulit mereka. Namun perlu diketahui bahwa penggunaan rutin bahan kimia dapat menyebabkan kerusakan pada kulit. 

Dengan demikian, bahan-bahan alamilah yang paling efektif bagi kulit. Kulit akan menjadi lebih aman jika menggunakan bahan alami yang dapat membantu dalam mencerahkan kulit. Dilansir dari Boldsky, baru-baru ini, salah satu bahan yang efektif mencerahkan kulit adalah baking soda.

Terdiri dari sodium, baking soda bekerja sebagai exfoliator yang sangat baik yang akan membantu menghilangkan sel-sel kulit mati. Ini juga membantu dalam menjaga keseimbangan pH kulit. Kandungan ini dapat membantu dalam membersihkan pori-pori yang tersumbat dan menjaga kulit tetap sehat.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan dalam penggunaan baking soda yang berfungsi untuk mencerahkan kulit. 

Pertama, baking soda dan air jeruk. Air jeruk memiliki vitamin C yang membantu dalam memutihkan kulit. Caranya, campurkan setengah sendok teh baking soda dengan beberapa tetes air jeruk segar.

Campur bahan-bahan dengan baik ke dalam mangkuk. Oleskan pada kulit Anda dan biarkan selama sekitar 5—10 menit sebelum dicuci.

Kedua, baking soda dan madu. Madu membantuk meremajakan dan melembabkan kulit. Sifat antibakteri dari madu membantu mengobati jerawat sekaligus mampu mencerahkan kulit. 

Hal yang perlu dilakukan adalah membuat pasta dari campuran baking soda dengan madu. Oleskan ke seluruh wajah yang hendak dibersihkan dan biarkan selama 5 menit, lalu dibilas dengan air biasa.  

Ketiga, baking soda dan tomat. Tomay memiliki kemampuan untuk membuat kulit berseri dan bercahaya jika digunakan secara teratur. Selain itu juga bisa membantu memutihkan bintik-bintik gelap dan pigmentasi pada kulit.

Untuk menggunakannya, potong tomat menjadi potongan kecil dan campurkan untuk membuat pasta. Komposisinya, satu sendok makan ampas tomat dan satu sendok makan baking soda. Oleskan pada kulit dan biarkan selama 15 menit. Lalu bilas dengan air bersih.

Keempat, baking soda dan minyak zaitun. Minyak zaitun adalah pelembab alami untuk kulit yang dapat membantunya terhidrasi. Campurkan baking soda bersama minyak zaitun dan oleskan pada kulit.

Pijat lembut dengan gerakan memutar selama 2-3 menit dan biarkan selama 15 menit. Kemudian dibilas dengan air. 

Tidak ada salahnya, Anda mempraktikkan menggunakan bahan baking soda untuk mencerahkan kulit. Selamat mencoba dan lihat perubahan pada kulit Anda. 

Tag : kulit
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top