Mengenal Coffee Nap dan Manfaatnya

Pernahkan Anda merasakan ketika Anda sedang sibuk bekerja di Kantor namun mata Anda mulai berair dan mengantuk?Minum kopi hangat bahkan tidak dapat mengurangi rasa kantuk yang menyerang Anda. Namun, kini Anda tidak perlu khawatir!
Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh | 04 Desember 2018 14:18 WIB
Kopi rempah - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA- Pernahkan Anda merasakan ketika Anda sedang sibuk bekerja di Kantor namun mata Anda mulai berair dan mengantuk?

Minum kopi hangat bahkan tidak dapat mengurangi rasa kantuk yang menyerang Anda. 

Dilansir dari Times of India, ada solusi yang dapat membantu Anda menghilangkan rasa kantuk, membuat Anda menjadi rileks dan juga akan meningkatkan konsentrasi Anda. Solusi mengatasi rasa kantuk di siang hari adalah Coffee-Nap!

Apakah itu Coffee-nap? Coffee-nap adalah tidur siang di mana sebelum tidur Anda harus minum kopi atau teh terlebih dulu.

Sebelum lebih jauh membahas tentang Coffee nap, sebaiknya Anda lebih dulu mengetahui bagaimana fungsi kafein yang terkandung pada kopi atau teh saat masuk di tubuh kita.

Setelah Anda meminum teh atau kopi. Kandungan kafein yang terdapat di dalamkan akan diserap oleh usus kecil dan memasuki aliran darah. Setelah mencapai otak Anda, kafein akan menempel ke reseptor yang biasanya diisi dengan adenosin.

Adenosin adalah neurotransmitter yang bertanggung jawab membuat Anda merasa lelah dan mengantuk. Ini adalah efek samping dari segala aktivitas di otak dan diproduksi oleh tubuh kita ketika kita terjaga. Jadi, ketika Anda menggunakan energi kemudian adenosin terakumulasi maka itu akan membuat Anda merasa sangat lelah.

Neurotransmitter akan mengalir ke sel-sel otak Anda dan bersatu dengan reseptor. Sederhananya, ketika adenosine dilepaskan, maka itu akan mengikat dengan lebih banyak reseptor sehingga rasa kantuk, lelah dan malas mulai menyerang Anda.

Jadi, saat kamu mengantuk setelah minum kopi, saat kamu mengambil waktu sebentar untuk tidur maka kafein akan menghalangi si adenosine untuk terhubung dnegan reseptor sehingga rasa kantuk berlebihan tidak akan menyerangmu dalam waktu yang lama.

Caranya, Ketika Anda minum secangkir kopi 20 menit sebelum tidur siang, Anda sebenarnya memanipulasi sistem tidur otak Anda untuk bekerja sesuai keinginan Anda. Tidur secara alami membersihkan adenosine dan ketika Anda bangun tepat sebelum otak Anda memasuki tahap-tahap tidur yang dalam (sebelum 30 menit), reseptor yang diisi oleh adenosine sebelumnya akan diikat oleh kafein.

Namun, sampai saat ini belum ada bukti konkret apa yang masuk ke dalam otak setelah eksperimen tidur siang dengan cara ini, para peneliti sampai saat ini masih mengamati efek dari Coffee Nap tapi kabar baiknya adalah Coffee Nap lebih efektif menghilangkan rasa kantuk dibandingkan dengan tidur siang dan minum kopi secara terpisah.

Sumber : Timesofindia

Tag : kopi
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top