Hari AIDS Sedunia/timeandate
Health

Menkes Minta WBP Untuk Mendorong Orang Terdekatnya Tes HIV

Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh
Senin, 17 Desember 2018 - 19:45
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Kesehatan Nila Farid Moeloek meminta dukungan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang positif mengidap HIV untuk mendorong rekan-rekannya secara sukarela untuk tes HIV.

Hal itu diungkapkan Menteri Kesehatan Nila Farid Moeloek saat menyampaikan pidatonya pada acara Puncak Peringatan Hari AIDS Sedunia 2018, di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA, Cipinang, Jakarta Timur, Senin (17/12/2018).

“Saya titip, tolong semuanya katakan tidak pada Narkoba. Dorong teman-temannya untuk memeriksakan diri. Kalau HIV semakin cepat diobati, semakin baik. Kalau saya yang bicara, mungkin tidak akan didengar. Kalau teman-temannya yang mengajak akan lebih didengar,” kata Nila.

Selain itu, Menkes juga mengingatkan bahwa para orang dengan HIV/AIDS (ODHA) perlu rajin memeriksakan diri karena penurunan daya kekebalan tubuh membuat mereka rentan terkena TBC, Hepatitis maupun infeksi menular seksual (IMS).

Nila juga meluncurkan sebuah materi edukasi dan promosi kesehatan tentang pentingnya obat ARV dalam pengobatan HIV, materi tersebut diiringi tagline: 'Ada Obat, Ada Jalan'.

"HIV itu ada obatnya, antiretroviral (ARV) namanya. Obat ARV mampu menekan jumlah virus HIV di dalam darah sehingga kekebalan tubuhnya (CD4) tetap terjaga," ungkap Nila.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro