Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Menkes Minta WBP Untuk Mendorong Orang Terdekatnya Tes HIV

Menteri Kesehatan Nila Farid Moeloek meminta dukungan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang positif mengidap HIV untuk mendorong rekan-rekannya secara sukarela untuk tes HIV.
Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh
Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh - Bisnis.com 17 Desember 2018  |  19:45 WIB
Menkes Minta WBP Untuk Mendorong Orang Terdekatnya Tes HIV
Hari AIDS Sedunia - timeandate
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Kesehatan Nila Farid Moeloek meminta dukungan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang positif mengidap HIV untuk mendorong rekan-rekannya secara sukarela untuk tes HIV.

Hal itu diungkapkan Menteri Kesehatan Nila Farid Moeloek saat menyampaikan pidatonya pada acara Puncak Peringatan Hari AIDS Sedunia 2018, di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA, Cipinang, Jakarta Timur, Senin (17/12/2018).

“Saya titip, tolong semuanya katakan tidak pada Narkoba. Dorong teman-temannya untuk memeriksakan diri. Kalau HIV semakin cepat diobati, semakin baik. Kalau saya yang bicara, mungkin tidak akan didengar. Kalau teman-temannya yang mengajak akan lebih didengar,” kata Nila.

Selain itu, Menkes juga mengingatkan bahwa para orang dengan HIV/AIDS (ODHA) perlu rajin memeriksakan diri karena penurunan daya kekebalan tubuh membuat mereka rentan terkena TBC, Hepatitis maupun infeksi menular seksual (IMS).

Nila juga meluncurkan sebuah materi edukasi dan promosi kesehatan tentang pentingnya obat ARV dalam pengobatan HIV, materi tersebut diiringi tagline: 'Ada Obat, Ada Jalan'.

"HIV itu ada obatnya, antiretroviral (ARV) namanya. Obat ARV mampu menekan jumlah virus HIV di dalam darah sehingga kekebalan tubuhnya (CD4) tetap terjaga," ungkap Nila.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kemenkes hiv/aids
Editor : Andhika Anggoro Wening
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top