10 Fakta Tentang Introver yang Jarang Anda Ketahui

Dalam catatan laman verywell.com, diperkirakan 40% dari populasi di dunia adalah orang introver. Orang-orang sering salah sangka dan menganggap kepribadian introver sulit dimengerti, padahal sebenarnya orang introver tidak seperti itu.
Tika Anggreni Purba | 20 Desember 2018 07:21 WIB

Bisnis.com, JAKARTA—Dalam catatan laman verywell.com, diperkirakan 40% dari populasi di dunia adalah orang introver. Orang-orang sering salah sangka dan menganggap kepribadian introver sulit dimengerti, padahal sebenarnya orang introver tidak seperti itu.

Berikut ini fakta-fakta orang introver dilansir verywell.com yang perlu kita ketahui agar tidak ada lagi salah persepsi:

1.   Walau pendiam, bukan berarti orang introver pemalu
 
Banyak orang yang salah mengira bahwa orang introver yang cenderung pendiam adalah orang pemalu. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa sebenarnya ada perbedaan yang sangat besar antara orang pemalu dengan orang introver.
 
Orang introver memang tidak selalu ekspresif untuk berbicara dengan orang lain, tetapi bukan berarti mereka pemalu. Mereka cenderung diam karena ingin mengamati dan mencoba mengenal orang lain dalam diamnya. Selain itu, orang introver cenderung lebih senang berpikir daripada berbicara. Jadi, ketika orang terlihat pendiam, jangan langsung menilainya sebagai orang yang pemalu.
 
2.  Menyendiri tidak sama dengan marah atau bersedih
 
Seorang introver bisa merasa lelah ketika terlalu banyak bersosialisasi dengan orang lain. Itulah sebabnya mereka membutuhkan waktu sejenak untuk sendiri untuk mengisi kembali energi yang terkuras.
 
Sayangnya, banyak orang yang menganggap kebutuhan orang introver ini sebagai emosi yang negatif seperti amarah, kesedihan, depresi, atau rasa cemas. Kadang-kadang kebutuhan untuk sendiri dianggap sebagai bentuk keegoisan sehingga orang introver menjadi serba salah.
 
3. Orang introver juga bersenang-senang
 
Memang, orang introver tidak selalu menikmati pesta atau pertemuan yang ramai. Namun, bukan berarti mereka tidak merasa senang ketika bersama-sama dengan orang lain.

Mereka  tidak terlalu menunjukkan antusiasme, tetapi memilih cara lain untuk menikmati keramaian misalnya dengan mengamati orang-orang, menikmati musik, atau berbincang dengan beberapa orang. Itulah caranya untuk bersenang-senang.
 
4. Tidak kasar
 
Orang introver sering dianggap kasar atau tidak sopan hanya karena orang lain merasa tidak cocok atau tidak mampu mengenali karakternya. Untuk memahami orang introver memang diperlukan waktu yang tidak sebentar karena mereka biasanya mau membuka diri setelah beberapa waktu atau setelah kenal cukup lama.
 
5. Tidak aneh

Mereka sering diberi prasangka sebagai orang yang aneh dan eksentrik. Kadang kala pemikiran ini sudah menjadi stereotipe banyak orang. Padahal, sebenarnya orang introver hanya mengikuti apa yang menarik baginya ketimbang mengikuti hal yang populer atau tren.
 
6. Tidak selalu ingin sendiri
 
Benar kalau orang introver membutuhkan waktu untuk sendiri, tetapi bukan setiap waktu. Mereka membutuhkan waktu sendiri untuk mengisi daya dan pikiran agar menjadi segar dan aktif kembali. Setelah itu, mereka akan sangat senang untuk menikmati waktu bersama orang-orang yang mereka kenal.
 
7. Tidak fobia keramaian
 
Hanya karena orang introver adalah orang yang pendiam dan menikmati waktu sendiri, bukan berarti mereka menderita fobia pada keramaian. Kebanyakan introver hanya senang menikmati waktu sendiri di rumah, menikmati hobi, dan menikmati waktu bersama keluarga.
 
8. Tidak rendah diri
 
Miskonsepsi terhadap orang introver adalah mereka dianggap rendah diri, tidak percaya diri, dan rendah harga dirinya. Padahal kenyataannya tidak begitu, karena menjadi introver sesungguhnya tidak  mempengaruhi harga diri seseorang.
 
9. Tak membenci orang lain
 
Orang introver sering dinilai tidak memiliki ketertarikan dalam hubungan. Padahal karakter orang introver sebenarnya sangat tertarik pada manusia.

Mereka cenderung membutuhkan alasan untuk berbicara dan berbincang dengan orang lain. Kalau sudah ketemu alasan yang pas, jangan heran kalau orang introver yang bakal lebih banyak berbicara.
 
10. Tak  perlu diperbaiki
 
Saking banyaknya orang salah mengerti mengenai kepribadian ini, tak sedikit orang yang berpikir pula bahwa menjadi introver adalah sebuah kesalahan atau gangguan yang perlu diperbaiki. Padahal, menjadi introver bukanlah sebuah kesalahan. Introver adalah kepribadian yang baik sama seperti kepribadian lainnya.

Tag : karakter, Kepribadian
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top