Ilustrasi menurunkan berat badan./Istimewa
Health

5 Cara Agar Berat Badan Terkontrol

Tika Anggreni Purba
Jumat, 21 Desember 2018 - 07:02
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Mempertahankan berat badan tetap ideal adalah perkara gampang-gampang susah. Tidak semua orang mampu melakukannya kalau tidak melalui cara yang tepat.

Untuk mempertahankan berat badan yang baik diperlukan keseimbangan antara asupan makanan dan energi yang dikeluarkan.

Berikut ini beberapa langkah untuk mengontrol berat badan dengan baik menurut Lisa Hark PhD RD & Darwin Deen dalam buku Nutrition for Life:

1. Makan makanan yang dibutuhkan

Kunci dari mengontrol berat badan yang ideal adalah menyeimbangkan asupan kalori dengan aktivitas harian. Banyak orang yang mengonsumsi terlalu banyak makanan tidak sesuai dengan kebutuhan energi yang diperlukan. Inilah yang membuat asupan makanan yang tidak diubah menjadi energi akhirnya menjadi cadangan dalam bentuk lemak.

2. Makan sayuran dan buah

Berhubung karena ada batasan kalori yang harus dipenuhi setiap hari, alangkah baiknya memfokuskan jenis asupan makanan pada sayur dan buah. Makanan ini akan memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin dan mineral, ketimbang Anda mengonsumsi junk food yang tidak bergizi.

3. Hindari makanan berlemak

Lemak mengandung kalori dua kali lebih banyak ketimbang karbohidrat dan protein. Itulah sebabnya kita menghindari makanan berlemak secara khusus yang digoreng. Untuk memenuhi kebutuhan lemak Anda sebaiknya konsumsi produk olahan susu yang rendah lemak.

4. Kurangi camilan yang tinggi kalori

Walaupun Anda sudah mengatur makanan utama dengan kebutuhan kalori yang pas, jangan lupa juga mengatur menu camilan. Makanan camilan yang mengandung kalori tinggi juga bisa merusak angka berat badan ideal Anda. Sebaiknya konsumsi camilan yang sehat atau lebih baik tidak mengemil sama sekali.

5. Minta dukungan pada orang sekitar

Mintalah dukungan dari orang-orang di sekitar Anda untuk mengingatkan ketika Anda mulai salah jalur dalam memilih makanan. Biasanya kehadiran mereka akan membuat Anda termotivasi untuk mempertahankan berat badan yang ideal.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Nancy Junita
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro