Saraf/youtube
Relationship

5 Kebiasaan untuk Meningkatkan Kemampuan Memori

Tika Anggreni Purba
Jumat, 21 Desember 2018 - 06:56
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Dalam kehidupan yang sibuk, kita cenderung melupakan sesuatu, bahkan hal-hal sepele yang seharusnya tidak kita lupakan.

Kemungkinan besar hal ini disebabkan oleh kehadiran teknologi yang memudahkan kita sekaligus juga memaksa otak kita untuk menerima ragam informasi dari dunia maya.

Hal ini kadang-kadang menurunkan kemampuan kita untuk konsentrasi dan mengingat. Selain itu faktor usia juga mempengaruhi kemampuan memori kita untuk mengingat sesuatu.

Berikut ini beberapa cara untuk melatih memori agar tidak lagi mudah lupa, dilansir www.psychologytoday.com:

 1. Ciptakan rutinitas

Saat kita mengatur jadwal rutin segala sesuatunya, kita tidak perlu lelah mengingatnya. Dengan jadwal yang rutin tubuh kita akan otomatis mengingat tanpa perlu disuruh. Jadwal rutin yang dimaksud misalnya bangun pagi di jam yang sama setiap hari, membuat jadwal untuk hobi, dan sebagainya.

2. Bermain permainan asah otak

Setiap pagi, cobalah untuk memainkan permainan di ponsel Anda, khususnya permainan asah otak. Permainan ini akan membantu Anda untuk tetap menggunakan otak, dan memacu otak untuk melakukan fungsinya dengan baik.

3. Tertawa

Hidup bisa menjadi sangat serius karena kesibukan dan permasalahan hidup, tetapi cobalah ambil waktu sejenak untuk tertawa. Telah terbukti dari berbagai penelitian bahwa tertawa dapat mengurangi stres. Izinkan diri Anda tertawa setidaknya satu kali sehari agar otak Anda tidak dipenuhi kepenatan yang bisa bikin kemampuan memorinya berkurang.

4.  Menuliscatatan pengingat

Jika Anda adalah orang yang pelupa, menuliskan catatan sebagai pengingat adalah jalan keluar. Selain ingatan Anda menjadi lebih jelas, menulis juga membuat seseorang menuangkan apa yang ada dalam pikirannya sehingga otak juga perlu bekerja. Semakin sering otak bekerja, semakin jauhlah Anda dari kepikunan.

5. Olahraga dan diet sehat

Sama seperti tertawa, aktivitas fisik akan sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh kita. Selain itu perhatikan pola makan Anda agar tetap sehat dan terjaga. Ingatlah, saat tubuh kita sehat, maka otak kita juga sehat. Di dalam otak yang berfungsi dengan baik, tentu ada fungsi memori yang baik juga.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Nancy Junita
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro