Sejumlah kapal terdampar ke area pemukiman penduduk akibat gelombang tsunami di desa Sukamanah, Anyer, Banten, Senin (24/12/2018)./ANTARA-Muhammad Adimaja
Health

Tsunami Anyer: Kontainer Pendingin Jenazah Didatangkan Ke Pandeglang

Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh
Rabu, 26 Desember 2018 - 12:05
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Kesehatan hari Senin sore telah mengirimkan 1 unit kontainer pendingin untuk jenazah.  Pengiriman kontainer tersebut dilakukan merespons keterbatasan alat pendingin untuk jenazah di RSUD Berkah Pandeglang dan terus bertambahnya jumlah korban yang ditemukan.

Kepala Pusat Krisis Kesehatan Kementerian Kesehatan dr. Achmad Yurianto memaparkan setiap jenazah yang masuk ke rumah sakit akan diidentifikasi terlebih dahulu oleh Tim DVI Polri.

Setelah teridentifikasi, jenazah dapat diserahkan ke keluarga korban. Akan tetapi, proses identifikasi membutuhkan waktu dan belum tentu jenazah langsung diambil oleh keluarga.

"Dampaknya dapat terjadi penumpukan jenazah di rumah sakit. Padahal, rumah sakit daerah yang saat ini menampung jenazah korban tsunami belum memiliki alat pendingin jenazah yang memadai," ujar Yuri, panggilan akrab Achmad Yurianto, seperti dikutip dari laman sehatnegeriku.kemkes.go.id, Rabu (26/12/2018).

Merespons keterbatasan alat pendingin untuk jenazah di RSUD Berkah Pandeglang dan terus bertambahnya jumlah korban yang ditemukan, Kementerian Kesehatan hari Senin sore telah mengirimkan 1 unit kontainer pendingin untuk jenazah.

“Memperhatikan kebutuhan yang ada, kami kemarin siang berkoordinasi dengan Tim DVI Polri, mengirimkan kontainer pendingin untuk jenazah dari Jakarta ke Pandeglang. Namun perlu dipahami bahwa pengangkutan kontainer membutuhkan proses karena diangkut dengan truk trailer,” lanjut Yuri.

Pihak Kemenkes sudah siap untuk segera mengirimkan kembali kontainer pendingin jenazah jika kebutuhannya lebih besar dari kapasitas saat ini.

“Satu unit kontainer yang ada dapat menampung 50 jenazah. Hingga sore tadi tersisa 20 jenazah yang sudah teridentifikasi namun belum diambil keluarga. Kami akan cek segera tambahan jenazah malam ini, jika melampaui kapasitas 50 jenazah, kami akan segera koordinasi dengan Kepala RSUD dan Tim DVI Polri untuk memesan kontainer pendingin tambahan,” tandas Yuri.

Seperti diketahui, hingga hari keempat pascabencana Tsunami Selat Sunda jumlah korban terus bertambah.

Menurut data BNPB, pada Selasa sore pukul 17.00 WIB, korban meninggal dunia telah mencapai 409 jiwa. Sebanyak 299 korban ditemukan di wilayah Banten dan sisanya 110 jiwa di Provinsi Lampung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro