Perempuan-perempuan Ini Jadi Kaya karena Bercerai

Perceraian antara pendiri Amazon.com Inc. Jeff Bezos dengan sang istri MacKenzie merupakan kisah lazim bagi publik figur papan atas. Kejadian serupa kerapkali menimpa rumah tangga orang-orang super kaya dunia.
Kahfi
Kahfi - Bisnis.com 10 Januari 2019  |  18:43 WIB
Perempuan-perempuan Ini Jadi Kaya karena Bercerai
CEO Amazon Jeff Bezos dan Mackenzie Bezos berfoto dalam Vanity Fair Oscar Party di Beverly Hills, California, AS, Minggu (4/3/2018). - Reuters/Danny Moloshok

Bisnis.com, JAKARTA -- Perceraian MacKenzie dan Jeff Bezos, yang diumumkan pada Rabu (9/1/2019), berpeluang mendongkrak jumlah harta sang mantan istri.

Berdasarkan catatan Bloomberg, hingga saat ini predikat perempuan terkaya dunia masih dipegang Francoise Bettencourt-Meyers, sang cucu pendiri L’Oreal SA.

Jumlah kekayaan Meyers diperkirakan mencapai US$45,6 miliar. Peringkat wanita terkaya itu pun berpotensi digeser MacKenzie, yang kini berprofesi sebagai penulis, jika perceraian dengan Bezos menghasilkan pembagian harta gono gini.

Kekayaan MacKenzie diperkirakan dapat mencapai setidaknya US$69 miliar. Dia akan masuk dalam daftar perempuan terkaya versi Bloomberg Billionaires Index, yang mayoritas kekayaannya berasal dari warisan ataupun pembagian harta pasca perceraian.

Jackie Kennedy./Reuters

1. Jackie Kennedy (1975)

Janda mendiang Presiden AS John F. Kennedy, Jacqueline Lee Bouvier—yang lebih dikenal sebagai  Jackie Kennedy—merupakan salah satu wanita yang mendapatkan banyak harta setelah kehilangan suaminya. Dia memperoleh kekayaan itu bukan dari almarhum Kennedy, melainkan hartawan Yunani Aristoteles Onassis.

Onassis merupakan konglomerat yang usahanya bergerak di sektor maritim dan perkapalan. Jackie menikah dengannya pada 1968.

Sebelum menikahi Jackie, Onassis telah memperistri dua orang wanita. Khusus untuk Jackie, sang pengusaha mengeluarkan uang sebesar US$3 juta untuk menggantikan dana perwalian.

Pada 1975, Onassis menghembuskan nafas terakhir. Setelah ditinggal Onassis, Jackie mendapatkan bagian sebesar US$26 juta plus tunjangan sebesar US$150.000 selama sisa hidupnya.

2. Maria Torv (1999)

Konglomerat media Rupert Murdoch menjalani hidup bersama Maria Torv selama tiga dekade. Pasangan itu dikarunia tiga anak.

Namun, bahtera hidup yang telah berlayar sekian lama itu akhirnya pupus. Keduanya telah menyepakati “perpisahan damai” setelah Murdoch pensiun.

Dari perpisahan itu, Torv disebut-sebut mendapatkan warisan yang cukup besar, dengan nilai mencapai US$1,7 miliar.

3. Jocelyn Wildenstein (1999)

Proses perceraian rumah tangga miliarder Alec Wildeinstein telah mendongkrak harta kekayaan mantan istrinya, Jocelyn. Dari perceraian tersebut, Jocelyn mendapatkan harta sebesar US$3,8 miliar dari sang pengusaha AS keturunan Prancis tersebut. 

Perinciannya, sebanyak US$2,5 miliar dibayar tunai. Sisanya, sebanyak US$1,3 miliar, dibayarkan sebagai tunjangan tahunan selama 13 tahun.

Paul McCartney dan Heather Mills./Reuters

4. Heather Mills (2008)

Pada usia senja, Paul McCartney harus menghadapi kasus perceraian dengan sang istri, Heather Mills. Saat bercerai, usia Paul sudah 60 tahun, sedangkan Mills 40 tahun.

Mereka menikah pada 2002. Selama enam tahun berumahtangga, akhirnya keduanya memutuskan bercerai.

Usai perceraian itu, Paul memberikan 24,3 juta pounds kepada Mills. Sebelumnya, musisi anggota The Beatles itu dituntut untuk membayarkan uang lebih dari jumlah tersebut.

5. Orianne Cevey (2008)

Phil Collins, punggawa Genesis, harus merelakan jutaan pounds untuk menyelesaikan perceraiannya dengan Orianne Cevey. Mereka bercerai setelah menjalani hidup bersama selama 12 tahun.

Dari pernikahan itu, Collins dianugerahi dua anak. Cevey merupakan istri ketiga Collins yang mendapatkan warisan pascaperceraian sebesar 42 juta pounds.

Slavica dan Bernie Ecclestone./Reuters

6. Slavica Ecclestone (2009)

Bagi pecinta balap, tak asing nama Bernie Ecclestone yang merupakan punggawa ajang balapan Formula 1. Bernie harus membayar ratusan juta pounds untuk melepas Slavica.

Pascaperceraian, kekayaan Slavica diperkirakan mencapai 734 juta pounds. Nilai kekayaan itu membuatnya berada di jajaran konglomerat dunia versi The Sunday Times Rich List 2010.

7. Elena Rybolovleva (2014)

Awalnya, Elena Rybolovleva menuntut uang warisan sebanyak US$4,5 miliar dari mantan suaminya, pengusaha Rusia Dmitry Rybolovlev. Namun, dengan jalannya persidangan banding, Elena hanya mendapat US$604 juta.

Meski telah lama menikah, tapi ternyata Dmitry berselingkuh. Hal itu diketahui Elena dan akhirnya mereka pun berpisah.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
selebritas, fokus

Editor : Annisa Margrit
KOMENTAR


0   Komentar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top