Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Melestarikan Keroncong Lewat Generasi Muda

Putri Intan Soekotjo atau biasa disapa Intan merupakan satu dari segelintir generasi muda yang mendedikasikan diri untuk pelestarian musik keroncong. Intan merupakan putri dari salah satu diva keroncong Indonesia, Sundari Soekotjo. 
Reni Lestari
Reni Lestari - Bisnis.com 24 Januari 2019  |  14:33 WIB
Intan Soekotjo dan ibunya - ifi.co.id
Intan Soekotjo dan ibunya - ifi.co.id

Bisnis.com, JAKARTA - Putri Intan Soekotjo atau biasa disapa Intan merupakan satu dari segelintir generasi muda yang mendedikasikan diri untuk pelestarian musik keroncong. Intan merupakan putri dari salah satu diva keroncong Indonesia, Sundari Soekotjo. 

Dalam konser "Kisah Mawar" yang juga sebagai perayaan ulang tahun ke-90 diva keroncong dan seriosa Rose Pandanwangi, Intan akan menjadi salah satu penampil.

Intan mengatakan, dalam upaya melestarikan seni musik keroncong yang dipercaya sebagai musik asli Indonesia, harus ada sentuhan muda yang dipadukan untuk menarik generasi milenial. 

"Ini tantangan untuk generasi muda, untuk melestarikan keroncong, tetapi tidak kehilangan warna mudanya dan tidak menghilangkan keaslian [keroncong]," kata Intan saat konferensi per di Ciputra Artpreneur, Jakarta, Kamis (24/1/2019). 

Dalam konser ini, Intan bersama dengan penyanyi keroncong muda lain yakni Ervina Simarmata akan menampilkan sajian musik keroncong yang dipadu dengan musik modern. Dia berharap, semangat Rose Pandanwangi untuk terus peduli pada kelestarian keroncong pada tersalurkan melalui konser tersebut

"Kami merasa Ibu Rose sudah sangat berjuang, harapannya dari pegiat musik klasik semakin semangat untuk bisa seperti ibu Rose tetapi dengan warna kita sendiri," ujarnya. 

Konser "Kisah Mawar" diketahui, akan menampilkan sejumlah musisi dan pelaku seni dan dipadukan dengan talkshow dua sesi. Deretan penampil yang akan membawakan lagu untuk Rose Pandanwangi adalah komposer sekaliber Ananda Sukarlan, penyair Sapardi Djoko Damono, penyanyi keroncong Sundari Soekotjo, Intan Soekotjo, Ervina Simarmata, Nikodemus Lukas, Ninok Leksono, dan penampl musik oleh Keroncong Sekar Pertiwi pimpinan Iswandaru. 

Sedangkan, pembicara dalam dua sesi talkshow tersebut antara lain, Sharifah Faizah Syed Mohammed, Dosen Senior Universiti Tkenologi MARA Malaysia; Ananda Sukarlan, komposer dan pianis; Imam D. Kamus, Akademisi dan pendiri Sarekat Kronjtong dan Dawai Nusantara; Ninok Leksono, Rektor Universitas Media Nusantara (UMN), Ervina Simarmata, dan Rose Pandanwangi. Konser akan digelar pada Minggu 27 Januari 2019 di Ciputra Artpreneur Jakarta.  


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

keroncong
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top