Begini 4 Standar Dalam Mendesain Perhiasan Berkualitas

Begini 4 Standar Dalam Mendesain Perhiasan Berkualitas
Asteria Desi Kartika Sari
Asteria Desi Kartika Sari - Bisnis.com 30 Januari 2019  |  04:32 WIB
Begini 4 Standar Dalam Mendesain Perhiasan Berkualitas
Ilustrasi-Perhiasan emas. - Bloomberg/Billy H.C. Kwok

Bisnis.com, JAKARTA-- Mendesain perhiasan ada standar tersendiri supaya memiliki nilai tambah tersendiri, sehingga perhiasan tersebut layak untuk diperjual belikan baik dalam negeri hingga kancah internasional.

In-house designer jewelry from Central Mega Kencana, Indonesia and Forevermark’s Eri Dwi Suciaji mengatakan terdapat empat hal yang harus diperhatikan ketika mendesain sebuah perhiasan.

"Empat hal yang harus diperhatikan adalah estetis, egonomi, ekonomis, dan evolusionis," kata Eri di Plaza Indonesia, Selasa ( 29/1/2019).

Pertama, estetis unsur tersebut berhubungan dalam hal desain. Atau desain seperti apa yang harus dibuat agar terlihat menarik atau indah dipandang oleh mata saat dikenakan.

Kedua, egononomis. Perhiasan tersebut nyaman ketika dipakai. Artinya perhiasan tersebut tidak terlalu besar atau terlalu berat. Pasalnya, perhiasan glamor biasa tampak besar dan berat.

Ketiga, ekonomis. Seorang desainer juga harus mempertimbangkan bagaimana membuat produk dengan kualitas yang material yang baik, namun harga tetap terjangkau.

Keempat, evolusionis. Artinya produk perhiasan tersebut dapat memberikan pengalaman yang baru bagi si pemakai.

Dia menambahkan salah satu tantangan yang dihadapi oleh desainer adalah menyesuaikan tren atau selera dari banyak pelanggan. "Karena kan kita tidak tahu siapa yang bakal pakai," katanya.

Forevermark brand manager Indonesia Devi Chayadi menambahkan yang menjadi tantangan bagi desianer adalah harus update mengenai tren yang sedang berkembang di tengah masyarakat.

"Jadi desainer harus up to date, harus tahu tren, harus bisa machingkan desainnya seperti apa," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
perhiasan

Editor : Andhika Anggoro Wening
KOMENTAR


0   Komentar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top