Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

5 Pilihan Oleh-oleh Khas Indonesia saat Kamu Liburan dengan Aplikasi Traveloka

Hampir setiap provinsi di Indonesia punya oleh-oleh khas yang tidak akan bisa didapatkan di kota lainnya. Bentuknya bisa bermacam-macam, mulai dari pakaian, makanan, hingga benda-benda unik.
MediaDigital
MediaDigital - Bisnis.com 30 Januari 2019  |  12:04 WIB
Bakpia, makanan khas Yogyakarta - Jibiphoto
Bakpia, makanan khas Yogyakarta - Jibiphoto

Pulang dari liburan biasanya banyak orang yang mampir ke pusat cenderamata dan membeli oleh-oleh untuk orang terdekat. Apalagi jika Anda pergi ke kota-kota dengan pilihan oleh-oleh khas yang sudah dikenal di seluruh Indonesia, sayang rasanya bila melewatkannya dan tidak membelinya.

Hampir setiap provinsi di Indonesia punya oleh-oleh khas yang tidak akan bisa didapatkan di kota lainnya. Bentuknya bisa bermacam-macam, mulai dari pakaian yang cantiknya di atas rata-rata, makanan dengan cita rasa yang tidak tertandingi, hingga benda-benda unik yang buat Anda merasa bangga jadi orang Indonesia.

Penasaran, berikut beberapa oleh-oleh khas yang tidak akan pernah sama jika Anda beli tidak di kotanya langsung.

  1. Kain Batik Khas Indonesia

Jika ditanya benda apa yang paling menggambarkan Indonesia, sebagian besar orang pasti akan menjawab kain batik. Keunikan motif batik memang buat banyak orang ingin mengoleksinya. Banyak kota di Indonesia punya pilihan motif batik dan setiap kota punya ciri khasnya masing-masing.

Kamu bisa menemukan Batik di Yogyakarta, Pekalongan, Semarang, Solo, dan beberapa tempat lainnya. Kalau kamu pergi ke kota-kota tersebut, sebaiknya siapkan ruang lebih di koper kamu untuk membawanya.

  1. Bakpia Khas Yogyakarta

Yogyakarta bisa dibilang surganya kue bakpia. Anda bisa menemukan toko yang menjual kue khas yang satu ini di sudut-sudut kota Yogyakarta. Merek, tekstur, dan rasanya pun dibuat bermacam-macam. Anda bisa menemukan pilihan kue bakpia dengan beragam rasa, mulai dari kacang hijau (orisinal), keju, coklat, hingga duren.

Bakpia memang jadi camilan yang tepat untuk menemani waktu santai Anda dengan secangkir teh. Rasanya yang manis dan kulit yang lembut jadi ciri khas bakpia yang enak. Rugi jika Anda hanya beli satu kotak kecil saat pergi ke Yogyakarta. Beberapa orang sering membeli kue khas ini hingga satu atau dua kardus besar untuk dijadikan oleh-oleh.

  1. Kopi Sulawesi

Bukan rahasia lagi bahwa Indonesia merupakan salah satu penghasil kopi terbesar di dunia. Tanah yang bagus buat biji kopi tumbuh dengan subur di beberapa tempat. Kopi dari Pulau Sulawesi jadi salah satu pilihan terbaik yang bisa kamu jadikan oleh-oleh.

Bukan hanya Toraja, masih ada pilihan kopi Sulawesi lainnya jika memang kamu tidak singgah di Tanah Toraja. Namun, jika benar-benar sedang melancong ke Sulawesi, kopi jadi salah satu oleh-oleh yang wajib dibeli dan memenuhi bagasi pesawat kamu saat pulang.

  1. Kain Tenun Kalimantan dan Sumatera

Turis asing sangat suka dengan kain tenun khas Indonesia dan tidak jarang mereka memborong saat datang ke Indonesia. Kalau turis asing saja sangat tertarik, masa Anda sebagai turis loka tidak melestarikan kerajinan khas Indonesia?

Ada beberapa tempat yang menyediakan kain tenun terbaik. Sumatera punya berbagai pilihan kain tenun khas untuk berbagai macam kebutuhan. Kain tenun asal Kalimantan pun tidak kalah bila dibandingkan kerajinan lainnya dari Indonesia lainnya. Jadi, jika pergi ke salah satu tempat tesebut, selalu sediakan waktu luang yang banyak untuk mampi ke pusat kerajinan warga lokal.

  1. Sambal Khas Indonesia

Masakan Indonesia terkenal dengan rempah-rempahnya. Selain rasa gurih, ada juga rasa pedas yang diminati oleh berbagai orang Indonesia. Rasa-rasanya, makan sehari-hari tidak akan lengkap tanpa kehadirran sambal. Jadi, saat orang pergi ke suatu tempat, sambal jadi teman makan yang sering dicari.

Setiap kota dan menu makananan pun punya ciri khas sambalnya. Anda tinggal menyesuaikan lidahnya saja. Dijamin semua enak. Mudahnya lagi, Anda sekarang sudah bisa dengan mudah memabwa sambal-sambal tersebut bisa dibawa dalam bagasi.

Tidak perlu khawatir kelebihan bagasi saat naik pesawat dalam perjalanan pulang. Anda bisa memanfaatkan Traveloka untuk membeli extra baggage hingga 40 kg—tergantung dari kelas dan rute perjalanan yang diambil. Jadi, tunggu apa lagi, segera pesan tiket pesawat keliling Indonesia dari Traveloka.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Liburan oleh-oleh Traveloka
Editor : MediaDigital
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top