Jangan Terlalu Keras Mengkritik Diri Sendiri

Jujur kepada diri sendiri merupakan hal yang penting. Akan tetapi, dengan alasan jujur terhadap diri sendiri, orang sering kali mengkritik dirinya secara negatif. Akibatnya, manusia sering meragukan dirinya sendiri untuk melakukan hal-hal yang baik.
Tika Anggreni Purba
Tika Anggreni Purba - Bisnis.com 05 Februari 2019  |  11:10 WIB
Jangan Terlalu Keras Mengkritik Diri Sendiri
Ilustrasi - Kritik diri sendiri. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Jujur kepada diri sendiri merupakan hal yang penting. Akan tetapi, dengan alasan jujur terhadap diri sendiri, orang sering kali mengkritik dirinya secara negatif. Akibatnya, manusia sering meragukan dirinya sendiri untuk melakukan hal-hal yang baik.

Terlalu sering mengkritik diri justru dapat membuat kita menjadi seorang pecundang. Apabila kita sering mengkritik diri sendiri dengan cara yang tidak tepat, kita akan selalu ragu akan diri sendiri. Kritik diri boleh-boleh saja, asalkan dilakukan dengan jujur melalui evaluasi kekuatan dan kelemahan diri secara seimbang.

Oleh sebab itu alangkah baiknya untuk berhenti mengkritik diri sendiri dengan cara yang terlalu keras. Berikut ini beberapa caranya dilansir Psychology Today:

1. Membicarakan hal yang positif kepada diri sendiri

Untuk mengatasi suara-suara kritik dalam diri, Anda bisa memulai dengan selalu membicarakan hal yang positif pada diri sendiri. Ketimbang selalu mengkritik kelemahan diri sendiri, lebih baik mengungkapkan hal-hal positif yang memotivasi diri.

2. Berbicara pada diri sendiri di depan cermin

Membicarakan hal yang positif di depan kaca dapat menolong Anda untuk langsung berbicara pada diri sendiri. Cobalah untuk menemukan sesuatu hal yang baru dari diri sendiri yang Anda sukai setiap hari.

Sebelum memulai hari, berbicaralah di depan cermin dan katakan: “Saya suka rambut baru saya,” atau “Saya suka tatapan matamu,” kepada diri sendiri

3. Lakukan apa yang dikatakan

Makin sering kita menggunakan kalimat yang positif terhadap diri sendiri, kita akan semakin percaya diri. Kalimat-kalimat penyemangat tersebut dapat menjadi mantra yang memotivasi kita setiap waktu. Biasanya, kalimat positif itu juga akan tergambar melalui perilaku dan kebiasaan kita sehari-hari.

4. Mencari dukungan dari orang lain

Kelilingi diri Anda dengan orang-orang yang akan selalu mendukung mimpi-mimpi Anda. Berpartisipasilah dengan komunitas yang dapat menolong, mendukung, dan mengerti apa yang menjadi kebutuhan Anda.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
inspirasi, psikologi

Editor : Nancy Junita
KOMENTAR


0   Komentar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top