Ini Kado Valentine Terbaik untuk Pasangan Anda

Perayaan hari kasih sayang atau valentine akan segera tiba, apakah Anda telah mempersiapkan kado istimewa untuk pasangan atau orang istimewa? Jika Anda bingung memilih kado apa, mari simak hasil studi penelitian berikut ini.
Tika Anggreni Purba
Tika Anggreni Purba - Bisnis.com 09 Februari 2019  |  09:01 WIB
Ini Kado Valentine Terbaik untuk Pasangan Anda
Valentine day di Grand Melia Hotel.Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA—Perayaan hari kasih sayang atau valentine akan segera tiba, apakah Anda telah mempersiapkan kado istimewa untuk pasangan atau orang istimewa? Jika Anda bingung memilih kado apa, mari simak hasil studi penelitian berikut ini.

Menurut laman Psychology Today, hadiah valentine akan membantu menghangatkan kembali hubungan. Selain itu, ketika memberi dan menerima hadiah masing-masing pasangan akan merasa disegarkan kembali dalam sebuah hubungan.

Ternyata, dalam penelitian ilmiah terkini ditemukan bahwa hadiah terbaik pada saat valentine bukanlah bunga ataupun cokelat, tetapi anak anjing, anak kucing, dan hewan-hewan imut. Hadiah berupa hewan kecil ini dianggap mampu memberikan pengalaman emosional seperti kehangatan, simpati, kelembutan, dan kesenangan. Harapannya pengalaman emosional juga berdampak pada hubungan Anda dengan pasangan.

Memelihara hewan-hewan kecil dan lucu dapat membantu proses pelepasan oksitosin yang membuat seseorang merasakan kebahagiaan. Ketegangan pikiran maupun stres dapat hilang ketika melihat hewan yang imut dan lucu, serta tampak membutuhkan pengasuhan.

Berada di hadapan anak anjing, anak kucing, maupun hewan lucu lainnya dapat mengaktifkan kepedulian dan cinta kasih seseorang, bahkan pada mereka yang sudah lanjut usia. Dalam penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari University of British Columbia Alec Beall, seperti laporan situs psikologi psychologytoday.com, hipotesis soal hewan lucu tersebut diuji.

Pada 92 peserta yang dibagi dalam dua kelompok dari University of British Columbia ditampilkan sepuluh foto dengan keterangan singkat. Foto-foto tersebut menampilkan hewan peliharaan yang terlantar dengan keterangan bahwa hewan itu membutuhkan perawatan atau pengasuhan. Misalnya foto anak anjing ditambahkan dengan keterangan “anjing ini membutuhkan rumah”.

Kemudian sebagian peserta diberikan foto perabot rumah yang elegan dengan keterangan yang sama seperti “sofa cokelat membutuhkan rumah”, sama dengan keterangan pada foto anjing terlantar.

Ternyata, peserta yang melihat gambar anak-anak hewan mengalami level sosioseksualitas yang rendah. “Sosioseksualitas merupakan tingkat keingingan seseorang untuk selingkuh atau berpaling ke lain hati,” kata Alec. Representasi visual dari hewan-hewan yang lucu ternyata mengurangi keinginan selingkuh atau mengkhianati pasangan. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya keinginan untuk memelihara dan memperhatikan sesuatu.

Itulah sebabnya Alec mengatakan apabila Anda mencari hadiah valentine terbaik untuk meningkatkan kualitas dan kelanggengan hubungan, cobalah untuk memberikan pasangan Anda anak anjing, anak kucing, atau hewan lucu lainnya. Hewan lucu tersebut menggambarkan kerentanan dan kerapuhan sehingga meningkatkan keinginan dari pasangan Anda untuk merawat, mengasuh, dan memedulikannya.

Harapannya peningkatan rasa peduli pada hewan itu juga turut meningkatkan empati, kehangatan, dan cinta kasih dalam hubungan Anda.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
valentine

Editor : Mia Chitra Dinisari
KOMENTAR


0   Komentar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top