Ini Daerah Paling Ramai Membahas Valentine di Indonesia

Hari Valentine atau sering disebut sebagai hari kasih sayang menjadi hari yang dinanti oleh kalangan muda. Di Indonesia ternyata sejumlah daerah masuk sebagai wilayah paling popular membahas tentang Valentine.
Rayful Mudassir | 13 Februari 2019 16:06 WIB
Ilustrasi Hari Valentine - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Hari Valentine atau sering disebut sebagai hari kasih sayang menjadi hari yang dinanti oleh kalangan muda. Di Indonesia ternyata sejumlah daerah masuk sebagai wilayah paling popular membahas tentang Valentine.

CupoNation salah satu portal diskon mengeluarkan riset terkait masyarakat wilayah mana saja yang palinh berminat dalam merayakan Valentine. Berdasarkan volume penelusuran online terhadap kata kunci 'Hari Valentine', maka penduduk wilayah Sulawesi Utara yang paling banyak melakukan terhadap perayaan hari Valentine.

Pada posisi di bawahnya terdapat beberapa wilayah lainnya yaitu Papua Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan di posisi 2 - 5. Pada posisi 6 - 10 daerah yang paling ramai membahas Valentine adalah Papua, Maluku, Kepulauan Bangka Belitung, Kalimantan Barat dan Bali di posisi paling buncit.

"Pencarian online tentang “Hari Valentine” meningkat di Indonesia. Berdasarkan hasil studi, volume pencarian untuk Kata kunci “Hari Valentine” meningkat sebanyak 3% di 2018 jika dibandingkan dengan 2017. Hal ini menunjukkan semakin banyak orang Indonesia yang tertarik untuk merayakan hari Valentine bersama pasangan mereka," tulis Olivia Adinda Putri dari Cuponation Indonesia melalui keterangan resminya beberapa waktu lalu.

Selain itu CupoNation juga melakukan riset terhadap daerah yang paling romantis di Tanah Air. Riset ini berdasarkan penelusuran penduduk suatu daerah yang paling banyak mencari tahu tentang hari valentine dan ide romantis secara online.

10 daerah tersebut yaitu Sulawesi Utara, Bali, Nusa Tenggara Timur, Maluku, Kepulauan Riau, Sulawesi Selatan, Sumatera Utara, Papua, Riau

dan Kalimantan Barat.

Indeks romantis dihitung melalui popularitas rata-rata dari volume penelusuran yang berkaitan dengan hari Valentine yaitu Hari Valentine, Valentine’s day, Romantis, Romantic dan Hari Kasih Sayang dalam skala 0 sampai 100 untuk periode 1 Januari 2017 - 31 Januari 2018 melalui Google Trends.

Sementara itu riset popularitas online hari Valentine dirangking berdasarkan jumlah volume penelusuran untuk kata kunci “Hari Valentine” dalam skala 0 sampai 100 untuk periode 1 Januari 2017 - 31 Desember 2018, melalui Google Trends.

Tag : hari valentine
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top