Kenali Tiga Jenis Kanker Darah

Spesialis Penyakit Dalam dr Ari Fahrial Syam mengatakan setidaknya secara garis besar terdapat tiga pembagian kanker darah. Ketiganya adalah Leukimia, Limfoma dan Myeloma.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 18 Februari 2019  |  22:18 WIB
Kenali Tiga Jenis Kanker Darah
Diagnosa kanker lewat tes darah. - metro.co.uk

Bisnis.com, JAKARTA — Kanker darah belakangan menjadi sorotan di Indonesia. Setelah pada Januari penyakit tersebut menyerang Pimpinan Pondok Pesantren Az-Zikra Arifin Ilham, belakangan juga menjangkiti istri Mantan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyonan yaitu Ani Yudhoyono.

Lalu apa saja jenis kanker darah ini? Spesialis Penyakit Dalam dr Ari Fahrial Syam mengatakan setidaknya secara garis besar terdapat tiga pembagian kanker darah. Ketiganya adalah Leukimia, Limfoma dan Myeloma. “Kita tidak tahu secara pasti jenis yang diderita Ibu Ani,” katanya kepada Bisnis, Senin (18/2/2019).

Leukimia merupakan jenis kanker darah yang menyerang sumsum tulang belakang. Penyakit ini terjadi akibat produksi abnormal sel-sel darah putih secara cepat. Tingginya jumlah sel darah putih abnormal ini akhirnya merusak sumsum tulang belakang.

Adapun Limfoma adalah jenis kanker darah yang menyerang kelenjar getah bening dan jaringan lainnya. Seiring waktu, sel-sel kanker ini merusak sistem kekebalan tubuh akibat limfotik abnormal yang menjadi sel limfoma, berkembang biak dan mengumpul di kelejar getah bening.

Sedangkan Myeloma merupakan kanker sel-sel plasma. Sel Myeloma mencegah produksi antibodi secara normal. Alhasil kondisi ini membuat sistem kekebalan tubuh penderita melemah dan rentan terhadap infeksi.

“Penyakit yang sering terjadi selama ini adalah kanker darah Leukimia dan Limfoma,” terangnya.

Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia ini menjelaskan, prinsipnya kanker darah dan jenis kanker lainnya terjadi karena beragam faktor. Beberapa di antaranya seperti pengaruh genetik, terpapar zat kimia dalam waktu lama hingga faktor usia. Tidak dapat dipastikan secara pasti alasan utama seseorang mengidap penyakit tersebut.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kanker darah

Editor : Miftahul Ulum

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top