OSCAR 2019: “Roma” dan Lady Gaga Dijagokan Bakal Menang

Penyanyi kaliber internasional seperti Lady Gaga, Bette Midler, dan Jennifer Hudson siap tampil memeriahkan, bersama dengan band rock Queen yang menampilkan bintang "American Idol" Adam Lambert.
Renat Sofie Andriani
Renat Sofie Andriani - Bisnis.com 25 Februari 2019  |  06:47 WIB
OSCAR 2019: “Roma” dan Lady Gaga Dijagokan Bakal Menang
Piala Oscar -

Bisnis.com, JAKARTA – Para selebriti dunia bertebaran di karpet merah ajang Academy Awards 2019 di Hollywood, Los Angeles, California, pada Minggu (24/2/2019) malam waktu setempat.

Acara perebutan Piala Oscar kali ini diperkirakan bakal tercatat dalam sejarah penyelenggaraan penghargaan terbesar bagi insan perfilman sejagat tersebut.

Digelar tanpa pemandu acara (host) untuk pertama kalinya dalam 30 tahun, ada pertanyaan mengenai apakah acara ini dapat kembali meraih minat pemirsa televisi setelah menorehkan jumlah penonton yang rendah pada 2018.

Penyanyi kaliber internasional seperti Lady Gaga, Bette Midler, dan Jennifer Hudson siap tampil memeriahkan, bersama dengan band rock Queen yang menampilkan bintang "American Idol" Adam Lambert.

Juara tenis Serena Williams dan pembawa acara talk show Trevor Noah juga akan tampil di panggung Dolby Theatre di Hollywood seiring dengan upaya untuk memperluas daya tarik pertunjukan ini.

Terlepas dari banyaknya nama selebriti favorit, semua mata bakal tertuju pada pemenang penghargaan kategori “Best Picture” atau film terbaik.

Produksi Disney “Black Panther”, film superhero pertama yang pernah dinominasikan untuk film terbaik, akan bersaing dengan film musikal populer “A Star is Born” garapan Warner Bros dan film produksi Fox “Bohemian Rhapsody”, bersama dengan jagoannya Universal Pictures “Green Book” dan “BlacKkKlansman”.

Film hitam putih bersetting Meksiko “Roma”, komedi yang unik “The Favourite” dan film bersentimen politik independen “Vice” ikut memanaskan persaingan kategori tersebut.

Setelah masa promosi dan kampanye selama dua bulan yang intens, para pengamat berpendapat pemenang penghargaan kategori “Best Picture” kemungkinan adalah film yang sudah banyak diunggulkan.

“Kategori film terbaik mungkin akan menjadi pertarungan antara “Roma” dan “Green Book”, bisa juga “BlacKkKlansman” menyodok menjadi pemenangnya,” ujar Alison Willmore, kritikus dan penulis budaya di BuzzFeed News.

Kemenangan untuk “Roma”, yang berkisah perjalanan sentimental sutradara Alfonso Cuaron di masa kecilnya, akan menandai kemenangan film terbaik Oscar pertama untuk Netflix.

Jika terwujud, kemenangan ini juga bakal menjadi tanda bahwa layanan streaming tidak hanya dapat bersaing dengan studio tradisional di Hollywood, tetapi juga mengalahkannya.

“Roma”, yang sepenuhnya berisikan dialog berbahasa Spanyol dan dengan memegang 10 nominasi Oscar, juga dianggap sebagai unggulan dalam kategori bahasa asing.

Hingga saat ini, belum ada film berbahasa asing yang pernah memenangkan kategori film terbaik, dan belum ada film yang pernah memenangkan dua kategori film berbahasa asing dan film terbaik sekaligus.

“”Roma” adalah film yang impresionistis. Film ini tidak memiliki banyak alur tetapi mengikuti pola baru-baru ini untuk memenangkan film-film beraliran seni, seperti “The Shape of Water” dan “Birdman”," terang Tom O'Neil, pendiri situs web penghargaan GoldDerby.com, sebagaimana diberitakan Reuters.

Oscar tahun ini juga akan diramaikan persembahan duet secara live oleh Lady Gaga dan Bradley dengan lagu andalan mereka “Shallow”. Gaga diperkirakan bakal membawa Oscar pertamanya untuk hit tersebut.

Baik Cooper dan Gaga masing-masing bakal bertarung untuk kategori aktor terbaik dan aktris terbaik. Gaga akan bersaing untuk perannya sebagai penyanyi dalam film "A Star is Born".

Bagaimana pun, para pemerhati film berpendapat kategori aktris terbaik akan dimenangkan oleh aktris kawakan Glenn Close untuk perannya dalam "The Wife". Jika menang, itu akan menjadi penghargaan pertamanya setelah 6 kali gagal memboyong piala Oscar.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
piala oscar

Editor : Mia Chitra Dinisari
KOMENTAR


0   Komentar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top