Menstrual cup./lunette.com
Health

Menstrual Cup Solusi untuk Zero Waste

Putri Salsabila
Sabtu, 2 Maret 2019 - 10:53
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Menstruasi seringkali masih menjadi hal yang tabu untuk dibicarakan. Bahkan, keberadaan tampon dan menstrual cup pun masih belum banyak dibicarakan.

Namun, sejak disadari bahwa pembalut menjadi salah satu penyumbang terbesar jumlah sampah di laut, dalam setahun terakhir kampanye menstrual cup pun gencar dilakukan.

Indonesia sangat akrab dengan pembalut wanita yang dianggap aman dan tidak menyakiti kulit vagina maupun rahim. Namun, ternyata pembalut wanita atau maxi pad memiliki risiko terhadap kesehatan wanita serta lingkungan.

Menurut Founder Zero Waste Nusantara Jeanny Primasari, pembalut dapat menyumbang mikro plastik yang sangat merusak lingkungan dan alam karena 1 pembalut setara dengan 4 kantong plastik yang tidak dapat diurai.

"Pembalut sekali pakai ini akan menyumbang begitu banyak sampah dan juga mengandung mikro plastik yang nantinya menjadi limbah. Kemudian, dimakan oleh ikan kecil, hewan-hewan [yang kita konsumsi], sehingga bisa kembali membahayakan tubuh kita," ujarnya dalam keterangan resmi yang dikutip Bisnis, Sabtu (2/3/2019).

Apabila dihitung, 1 perempuan Indonesia dalam sebulan dapat menggunakan pembalut sekali pakai sebanyak 15 buah. Sementara itu, jumlah penduduk perempuan di Indonesia berdasarkan proyeksi pertumbuhan penduduk Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Badan Pusat Statistik (BPS), dan United Nations Population Fund mencapai 131,88 juta jiwa.

Dalam sebulan, jumlah sampah pembalut sekali pakai bisa mencapai 1,97 miliar buah. Dalam setahun, maka mencapai 23,73 miliar sampah pembalut bekas pakai.

Maka, menstrual cup memberikan solusi. Pasalnya, 1 buah menstrual cup dapat digunakan selama 10 tahun.

Penggunaan yang terbilang sangat hemat ini sedikit demi sedikit mendorong perempuan Indonesia untuk beralih ke menstrual cup. Menstrual cup adalah semacam pembalut berbentuk corong yang dimasukkan ke dalam vagina selama periode menstruasi.

Tujuannya, untuk menampung darah agar tidak tembus ke pakaian serta memberi kenyamanan pada wanita. Berbeda dengan pembalut sekali pakai, menstrual cup tinggal dicuci dengan air bersih dan langsung bisa digunakan lagi.

Alat ini terbuat dari Silikon/TPE sehingga aman dan memungkinkan untuk dipakai berkali-kali hingga 10 tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Putri Salsabila
Editor : Annisa Margrit
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro