Presiden Jokowi mengenakan kemeja putih lengan panjang dengan bawahan sarung songket Donggala./Bisnis-Asteria Desi Kartika
Fashion

Kunjungi Sarung Fest, Jokowi Singgung Soal Hari Pakai Sarung Nasional

Asteria Desi Kartika Sari
Minggu, 3 Maret 2019 - 21:37
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-- Presiden Joko Widodo bersamaIbu Negara Iriana menghadiri Sarung Fest atau festival sarung Indonesia 2019 di Gelora Bung Karno.

Sekitar pukul 17.00 Jokowi dan Iriana mengenakan kemeja putih lengan panjang dengan bawahan sarung songket Donggala.

Kedatangan Jokowi disambut langsung Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Selain itu, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga, Menteri Pariwisata Arief Yahya, dan Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf ikut menyambut Jokowi.

Jokowi mengatakan kekayaan sarung Indonesia yang tidak dimiliki negara lain. Bahkan hampir setiap provinsi di Tanah Air memiliki sarung khasnya seperti sarung tenun, songket maupun batik.

"Inilah kekayaan budaya yang tidak dimiliki bangsa dan negara lain," kata Jokowi saat memberikan sambutan, Minggu (3/3/2019).

Jokowi melanjutkan, untuk menghargai kekayaan budaya Indonesia, tidak tertutup kemungkinan pemerintah akan menetapkan satu hari dalam seminggu atau sebulan untuk menggunakan sarung.

"Nantinya setiap hari tertentu dalam satu bulan kita memakai sarung bersama-sama. Mau ndak? Setuju ndak? Bisa seminggu sekali, bisa dua minggu sekali, bisa sebulan sekali. Lama-lama setiap hari pakai sarung," ucap Jokowi.

Setelah itu, dia mencoba menggunakan alat tenun asal untuk membuat sarung, yang dibantu oleh penenun asal Gresik, Jawa Timur, Syamsudin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Saeno
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro