Peternak menuangkan susu sapi hasil perahan ke wadah, di Subang, Jawa Barat, Sabtu (28/3/2015)./JIBI-Bisnis/Rachman
Health

Pola Hidup Sehat Menambah Harapan Hidup

Mia Chitra Dinisari
Sabtu, 6 April 2019 - 16:04
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tanggal 7 April diperingati sebagai Hari Kesehatan Sedunia. Mendengar hal ini, apa yang terbesit dalam pikiran kamu? Apa makna dari Hari Kesehatan Sedunia ini bagi kamu secara pribadi?

Apakah kamu jadi tergerak untuk introspeksi diri mengenai gaya hidup yang selama ini sudah
dijalankan? Apakah kamu sudah menganut kebiasaan
hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari?  Sebuah riset dari Harvard T.H. Chan School of Public Health1 meneliti dampak kebiasaan hidup sehat terhadap
angka harapan hidup.

Produsen susu murni Greenfields menyebutkan diantara berbagai hal yang diteliti terkait kebiasaan hidup sehat adalah diet sehat, tingkat  aktivitas fisik yang sehat, serta berat badan sehat.  Berdasarkan analisa, mereka yang menganut pola hidup  sehat memiliki harapan hidup yang lebih lama.

Saat tubuh kurang fit atau bahkan sakit, kita rasanya malas untuk bergerak. Tubuh yang sehat membantu kita untuk jadi lebih bebas dan maksimal dalam beraktifitas.

“Mens sana in corpore sano” merupakan sebuah motto
yang sudah sering kita dengar sedari masih duduk di
bangku sekolah.

“Dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa
yang sehat” adalah arti dari motto tersebut. Tidak ada
salahnya untuk kembali mengingat ini dan menyadari
betapa pentingnya menjaga tubuh tetap sehat dan fit.
Mengetahui begitu banyak manfaat dari menjalani
kebiasaan hidup sehat, mari jadikan Hari Kesehatan Dunia sebagai momentum untuk memulai ataupun meningkatkan  gaya hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari.

Gaya hidup sehat adalah gaya hidup yang membantu menjaga dan meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan. Makan sehat, aktif secara fisik dan menjaga berat badan sehat adalah beberapa hal yang tercakup dalam gaya hidup sehat.

Diet baik sangat penting bagi kesehatan dan dapat membantu kita untuk merasa prima.  Diet seimbang memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk dapat berfungsi secara benar. Jika digabung dengan aktivitas fisik, diet seimbang bisa membantu untuk
mencapai dan mempertahankan berat badan sehat, mengurangi terjadinya penyakit kronis,  serta mendukung kesehatan secara keseluruhan.

Mengonsumsi diet yang seimbang terkadang rasanya susah untuk dilakukan, namun sangat  perlu karena dapat membantu meningkatkan kesehatan. Junk food seperti kentang goreng  dan minuman ringan terasa enak di lidah namun biasanya tinggi akan kalori dan rendah dari segi nutrisi.

Kenali jenis makanan yang kamu konsumsi sehari-hari dan pilihlah jenis makanan yang kaya  akan nutrisi. Untuk diet seimbang, kita perlu mengonsumsi beragam jenis makanan yang  dapat dibagi dalam beberapa kelompok sebagai berikut:

1. Sayur-sayuran dari berbagai jenis dan warna
2. Buah-buahan
3. Gandum (sereal), roti, nasi, pasta
4. Daging rendah lemak dan daging ayam, ikan, telur, tahu, kacang-kacangan dan biji-bijian,
serta kacang polong
5. Susu, yogurt, keju dan produk olahan susu lainnya

Susu dan produk olahan susu seperti keju dan yogurt mengandung berbagai nutrisi  esensial seperti protein; Vitamin A, B1, B2, B12, dan D; potassium; dan magnesium, sehingga membuatnya menjadi bagian penting dari diet yang seimbang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro