Warga memetik jeruk Siam Madu atau jeruk Berastagi di perkebunan kawasan dataran tinggi Karo, Merek, Karo, Sumatra Utara, Selasa (3/4)./Antara-Anis Efizudin
Health

11 Manfaat Biji Jeruk untuk Kesehatan Tubuh

Denis Riantiza Meilanova
Rabu, 10 April 2019 - 11:53
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Buah jeruk dikenal memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh. Ternyata, selain daging buahnya yang kaya manfaat, biji jeruk pun memiliki khasiat.

Dilansir dari Boldsky, Rabu (10/4/2019), biji jeruk memiliki sebagian besar sifat gizi buah jeruk. Biji jeruk kaya akan vitamin C, vitamin B6, magnesium, asam lemak omega-3 dan serat. Selain itu, juga mengandung asam palmitat, asam oleat, dan asam linoleat.

Meski memiliki banyak kandungan gizi, mengonsumsi terlalu banyak biji jeruk dapat menyebabkan masalah perut. Karena mengandung jumlah kecil sianida, tidak dianjurkan untuk mengonsumsi biji jeruk terlalu banyak.

Berikut sejumlah manfaat biji jeruk, dikutip dari Boldsky:

1. Melawan sel-sel radikal

Kaya vitamin C seperti buahnya, biji jeruk dapat membantu menghilangkan sel-sel radikal yang menyebabkan kerusakan pada DNA. Biji jeruk juga dianggap memiliki dampak yang efektif pada pengurangan risiko kanker usus besar karena kandungan vitaminnya.

2. Meningkatkan energi

Biji jeruk dapat membantu meningkatkan tingkat energi Anda. Asam palmitat, oleat, dan linoleat dalam biji berkontribusi terhadap percepatan tingkat energi dalam tubuh Anda dan memungkinkan penyimpanan energi dalam sel.

3. Menjaga tekanan darah

Biji jeruk dinyatakan memiliki kemampuan untuk menjaga keseimbangan kadar tekanan darah Anda. Kaya akan vitamin B6, mereka membantu dalam produksi hemoglobin dan karena kandungan magnesium, mereka memainkan peran penting dalam mengelola tingkat tekanan darah Anda.

4. Meningkatkan kekebalan

Kaya akan antioksidan, biji jeruk dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Vitamin C dalam biji membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan fungsinya melindungi tubuh dari racun dan penyakit eksternal.

5. Mengurangi risiko kanker

Kehadiran D-limonene dan vitamin C dalam biji membantu dalam menurunkan risiko kanker. Senyawa D-limonene membantu membatasi dan mencegah timbulnya kanker paru-paru, kanker kulit, dan bahkan kanker payudara. Demikian juga, antioksidan yang ditemukan dalam biji jeruk meningkatkan kekebalan tubuh dan membangun lapisan pelindung terhadap sel-sel kanker.

6. Mencegah sembelit

Biji jeruk mengandung serat larut dan tidak larut yang akan membantu menjaga fungsi usus dan lambung tetap lancar. Ini juga mencegah sindrom iritasi usus dan menghindari sembelit karena membantu dalam membuang limbah pada interval yang benar.

7. Mengurangi kolesterol

Fitokimia yang dikenal sebagai limonoid yang ada dalam biji jeruk sangat bermanfaat dalam mengelola kadar kolesterol Anda. Mereka membantu dalam mengurangi kolesterol jahat low-density lipoprotein (LDL). Serat larut dalam biji juga memainkan peran penting dalam mengurangi kadar kolesterol jahat Anda.

8. Meningkatkan kualitas kulit

Kaya akan antioksidan, biji buah dapat bermanfaat bagi kulit. Ini membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas yang diakibatkan penuaan. Biji membantu mengurangi noda, flek hitam dan bahkan kerutan.

9. Meningkatkan kualitas rambut

Kehadiran vitamin C dan bioflavonoid dalam biji jeruk bermanfaat untuk kesehatan rambut Anda karena mereka meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala. Ini, pada gilirannya, menghasilkan rambut yang kuat dan sehat. Asam folat yang ada dalam biji jeruk mempercepat pertumbuhan rambut dan memperkuatnya dari ujung akar. Biji jeruk juga merupakan kondisioner yang baik.

10. Meningkatkan penglihatan

Senyawa karotenoid yang ditemukan dalam biji jeruk dapat membantu meningkatkan penglihatan. Biji jeruk juga membantu mencegah degenerasi makula.

11. Mengontrol kadar gula

Kandungan serat dalam biji jeruk dapat membantu menjaga kadar gula darah Anda terkendali. Gula sederhana dalam biji tidak berbahaya dan jejak gula alami fruktosa membantu menjaga kadar gula darah dari kenaikan terlalu tinggi.

Beberapa manfaat kesehatan lain yang ditawarkan oleh biji jeruk adalah membantu memerangi infeksi virus, menurunkan risiko penyakit, meningkatkan kesehatan jantung, mencegah penyakit ginjal dan risiko kanker hati. Meski begitu, studi ekstensif harus dilakukan untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Saeno
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro