Cara Mengatasi Depresi Dengan Penerimaan Diri

Ketika mengalami depresi, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyadari bahwa diri Anda tidak sendirian.
Eva Rianti | 02 Juni 2019 08:36 WIB
Depresi - cadasorg

Bisnis.com, JAKARTA – Depresi adalah gangguan perasaan atau suasana hati yang menyebabkan perasaan sedih yang terus-menerus dan sulit menghilang.

Depresi menyebabkan seseorang kehilangan semangat dan minat terhadap hal-hal yang disukai, kesulitan dalam melakukan rutinitas secara normal, bahkan terkadang merasa ingin mengakhiri hidup.

Kondisi tersebut tidak dapat dibiarkan begitu saja karena akan mengganggu kondisi kesehatan, baik mental maupun fisik.

Profesor Psikologi di Universitas James Madison Gregg Henriques mengungkapkan, ketika mengalami depresi, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyadari bahwa diri Anda tidak sendirian.

“Fokuslah pada kesadaran dan penerimaan daripada pada perlawanan dan konflik. Hal ini pada akhirnya bisa dilakukan dengan belas kasih terhadap diri sendiri dan orang lain,” tuturnya, dilansir dari Psychologytoday, Sabtu (1/6/2019).

Henriques melanjutkan, langkah berikutnya yang tak kalah penting adalah dengan menghadapi masalah yang dialami. Memang menyedihkan dan menguras pikiran dan energi, namun menghadapi masalah adalah solusi terbaik untuk menyelesaikannya.

Yakinkan diri Anda bahwa semua akan membaik pada waktunya. Satu-satunya kekuatan yang bisa diandalkan adalah harapan. Jika Anda masih percaya bahwa ada harapan baik di depan, semuanya akan membaik, sehingga Anda akan kuat menghadapi episode depresi saat ini

“Poinnya, Anda perlu mengubah sikap. Berubah dari sikap melarikan diri atau mengubur depresi menuju sikap untuk berani melihatnya. Ini mungkin terasa menakutkan dan mungkin tampak berlawanan dengan apa yang dikatakan insting Anda,” jelasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kesehatan jiwa

Editor : Akhirul Anwar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top