Membuat Hunian Lebih Indah dengan Warna Cat Spesial Lebaran

Salah satu kegiatan mendesain rumah yang paling sering dilakukan adalah memperbaiki atau mengganti cat rumah. Aktivitas mengecat ini selain menimbulkan suasana baru, juga menambah elemen dekoratif dalam hunian.
Eva Rianti
Eva Rianti - Bisnis.com 02 Juni 2019  |  07:13 WIB
Membuat Hunian Lebih Indah dengan Warna Cat Spesial Lebaran
Sumber: homedesign

Bisnis.com, JAKARTA – Merenovasi serta mendekorasi rumah menjadi tradisi setiap menjelang perayaan Idulfitri. Selain karena momen spesial berkumpul bersama keluarga, kehadiran tamu juga menjadi salah satu pertimbangan rumah perlu didesain lebih indah saat Lebaran.

Salah satu kegiatan mendesain rumah yang paling sering dilakukan adalah memperbaiki atau mengganti cat rumah. Aktivitas mengecat ini selain menimbulkan suasana baru, juga menambah elemen dekoratif dalam hunian.

Desainer Interior PT Artura Inasanindo Diana Nazir mengungkapkan secara konsep dasar desain, setidaknya ada dua panduan pemilihan warna untuk hunian pada momen spesial Lebaran.

Pertama, warna-warna yang identik dengan hari raya Idulfitri, seperti warna monokrom keputihan yang melambangkan kesucian. Selain putih, juga bisa dengan warna cream atau warna hijau yang sangat muda.

“Yang kedua adalah yang sekalian kontras. Kontras ini lebih banyak selebrasi, misalnya hijau yang berani dan kombinasi dengan warna lain,” ungkapnya kepada Bisnis, baru-baru ini.

Dia menjelaskan, dalam pemilihan cat yang pas saat Lebaran, lebih baik memilih warna netral karena bersifat long lasting. Namun, tidak ada salahnya membuat aksen dengan warna yang favorit keluarga untuk mengubah atmosfer hunian.

Adapun, dalam mengombinasikan warna, menurutnya, pilih warna palet netral, baik warna dingin maupun warna hangat. Warna-warna dingin misalnya abu-abu, biru, dan putih. Sementara warna-warna hangat misalnya cokelat, cream, atau terakota.

Pengombinasian warna dinilainya cukup sederhana. Misalnya, pada sebuah ruangan dengan jumlah dinding sebanyak empat, beri warna palet netral yang sama untuk tiga dinding. Sementara dinding satunya yang ada jendelanya bisa dengan warna lainnya yang cenderung kontras.

“Lihat dulu, lantai atau silling warnanya gelap atau terang. Kalau misal warna terang seperti putih, mainkan warna pada dinding. Tiga dinding dengan warna lebih netral, satu dindingnya warna aksen berseberangan dengan light dari jendela,” terangnya.

Diana menjelaskan, secara tren, sebenarnya tahun ini warna yang sedang tren adalah warna koral, yakni warna oranye kemerahan atau perpaduan oranye dengan merah muda. Warna ini memiliki karakter yang lebih soft.

“Memadupadankan warna ini pada momen Lebaran juga tidak masalah, asal tidak dengan warna yang terlalu berani,” terangnya.

“Terkait warna mencolok, kalau memang tidak tahu dengan pasti posisi penempatannya yang tepat, ya tidak usah saja,” lanjutnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
cat, Desain Interior

Editor : Akhirul Anwar
KOMENTAR


0   Komentar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top