Kulit kering/Istimewa
Fashion

Terapi Kombinasi Untuk Kulit Sehat di Hari yang Fitri

Tika Anggreni Purba
Selasa, 4 Juni 2019 - 17:50
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Setiap orang tentu ingin tampil dengan kulit sehat dan terawat di momen Idulfitri.

Kalau masalah kulit seperti kulit kering, kusam, berjerawat, pori-pori membesar, dan garis kerutan tampak lebih nyata telanjur terjadi, apa yang harus dilakukan? Dokter spesialis kulit dan kelamin Conny Melly Rosdiana menganjurkan untuk melakukan terapi kombinasi.

Masalah kulit yang beragam dan ingin diselesaikan lebih tuntas dapat diberikan terapi kombinasi yang terdiri dari mikrodermabrasi, rejuvenating peel, oxigeneo, intraceutical, dan skin booster.Penggabungan beberapa prosedur tindakan medis peremajaan dapat mengatasi berbagai aspek masalah kulit.

Peeling misalnya, dapat dilakukan untuk proses eksfoliasi kulit mati untuk mengurangi jerawat, bekas jerawat, dan kelainan pigmen. Kombinasi dengan mikrodermabrasi juga dapat meremajakan kulit dengan pengangkatan kulit mati secara mekanik untuk mengangkat penumpukan sel kulit mati penyebab komedo dan wajah kusam.

“Untuk melakukan terapi ini, dokter akan menilai kondisi pasien terlebih dahulu untuk menentukan terapi kombinasi yang tepat sesuai kebutuhannya,” ujar Conny. Terapi kombinasi pada umumnya didukung oleh teknologi laser dan radio frekuensi. Dengan prosedur ini biasanya hasil optimal yang diharapkan dapat tercapai dengan risiko efek samping yang minim.

Setelah terapi, Conny menganjurkan untuk tetap mengikuti instruksi perawatan pascatindakan. Menurutnya setelah perawatan sebaiknya pasien menghindari paparan sinar matahari langsung dengan rutin menggunakan tabir surya. “Dilarang juga menggunakan krim malam 3-7 hari setelah tindakan,” katanya lagi.

Katakanlah seseorang melakukan tindakan terapi laser ablatif seperti laser Carbon Dioxide fractional. Setelah terapi yang bermanfaat untuk mengatasi jaringan parut karena penuaan kulit ini, pasien tidak boleh menggaruk wajah atau mengelupas kulit wajah. Pada masa pemulihan pascatindakan, sebaiknya menggunakan pembersih wajah yang lembut dan tidak menggunakan mekap. “Hasil tindakan tidak akan langsung kelihatan, sehingga pasien perlu datang ke dokter jauh hari sebelum momen bahagia,” kata Conny lagi.

Sekalipun telah banyak teknologi dan jenis terapi perawatan kulit, pada dasarnya untuk mendapatkan kulit yang sehat harus disertai dengan pola makan yang sehat dan seimbang. Konsumsilah makanan-makanan yang kaya nutrisi dan antioksidan seperti sayuran dan buah. “Istirahat yang cukup, kurangi stres, hindari rokok dan alkohol, serta pastikan kulit terlindungi dari sinar matahari langsung,” ujarnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro