15 Makanan Yang Bisa Menyebabkan Mimpi Buruk

Setiap orang pasti pernah mengalami mimpi buruk saat tertidur. Terutama saat mereka tidur malam.
Mia Chitra Dinisari | 13 Juni 2019 11:39 WIB
Pasta - today.com

Bisnis.com, JAKARTA - Setiap orang pasti pernah mengalami mimpi buruk saat tertidur.  Terutama saat mereka tidur malam.

Ada banyak penyebab terjadinya mimpi buruk. Dan makanan yang kita konsumsi juga ternyata bisa menyebabkan kita mengalami mimpi buruk lho.

Jadi, jika Anda sering mengalami mimpi buruk, ada baiknya untuk mulai memeriksa jenis makanan apa yang Anda konsumsi.  Para peneliti telah membuktikan korelasi antara diet dan mimpi buruk. Ditegaskan bahwa keterlibatan makanan bertepung dan manis adalah salah satu alasan utama yang berkontribusi terhadap hal ini.

Berikut 10 makanan yang bisa menyebabkan mimpi buruk seperti dikutip dari Boldsky.com

1. Keju

Kaya kalori dan lemak, makan produk susu sebelum tidur dapat menyebabkan orang tersebut mengalami mimpi buruk. Ini karena tubuh masih berfungsi dengan kecepatan penuh untuk mencerna keju, menghalangi jam tidur Anda dengan pikiran yang tidak menyenangkan. Sebuah studi tahun 2005 yang dilakukan oleh British Cheese Board setuju dengan pernyataan bahwa keju dapat menyebabkan mimpi buruk.

2. Es krim

Makan es krim sebelum tidur dapat menyebabkan metabolisme tubuh bergeser yang pada gilirannya dapat meningkatkan aktivitas otak. Otak Anda masuk ke mode konflik tanpa mengetahui apa yang harus dilakukan dengan energi berlebih, memicu mimpi buruk.

3. Saus panas

Penelitian telah mengungkapkan bahwa, makan makanan pedas sebelum tidur dapat mengganggu tidur nyenyak karena bumbu dalam saus pedas meningkatkan suhu tubuh Anda; yang pada gilirannya mengubah formasi mimpi selama siklus REM Anda [4]. Makanan pedas sering dikaitkan dengan mimpi buruk karena mereka membutuhkan lebih banyak upaya dari tubuh untuk mencerna makanan ini.

4. Alkohol

Minum anggur, bir, dan minuman lain yang berlebihan sebelum tidur dapat membuat Anda sulit tidur nyenyak. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan untuk memahami dampak alkohol pada tidur, dinyatakan bahwa, meskipun alkohol adalah obat penenang, efeknya hilang pada malam hari sehingga menyebabkan mimpi buruk yang intens dan realistis.

5. Makanan yang mengandung kafein

Mengkonsumsi kopi, yoghurt beku, dan makanan lain dengan kafein dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan meningkatkan aktivitas otak - mengganggu tidur Anda dan menyebabkan mimpi buruk.

6. Makanan manis

Menurut sebuah penelitian, sekitar 31 persen dari peserta penelitian mengalami mimpi buruk setelah mengonsumsi makanan manis. Psikolog juga menunjukkan bahwa makan makanan manis seperti kue, kue dapat menyebabkan mimpi buruk .

7. Cokelat

Setelah makanan manis dan produk susu, coklat adalah salah satu penyebab paling sering dari mimpi buruk. Tinggi kafein dan gula, makan cokelat sebelum tidur mengurangi kemampuan Anda untuk tertidur lelap dan menyebabkan mimpi buruk [7]. Minum cokelat panas juga merupakan penyebab utama mimpi buruk.

8. Keripik

Konsumsi makanan cepat saji berlemak dapat menyebabkan iritasi pada saluran pencernaan Anda, sehingga sulit untuk tidur nyenyak. Sekitar 12,5% dari semua mimpi yang mengganggu disebabkan oleh konsumsi junk food seperti keripik, sebagaimana dicatat oleh sebuah penelitian .

9. Pasta

Mengingat gula dan karbohidrat yang terkandung dalam pasta, tidak mengherankan bahwa pasta termasuk dalam daftar ini. Makanan bertepung seperti roti dan pasta dapat menyebabkan mimpi buruk. Ini karena mereka dikonversi menjadi glukosa dalam tubuh dan karenanya memiliki efek yang sama dengan makanan manis [6]. Hindari juga mengonsumsi roti yang mengandung tepung.

10. Soda

Kandungan kafein dan gula, serta aditif yang ada dalam minuman bersoda ini, adalah penyebab mimpi buruk. Penelitian telah menunjukkan bahwa peserta yang minum soda bahkan pada bagian awal hari dilaporkan mengalami mimpi buruk, kemungkinan besar karena kandungan kafein dan gulanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kesehatan

Sumber : Boldsky

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top