Health

Manfaat Positif dan Efek Samping Donor darah

Mia Chitra Dinisari
Senin, 17 Juni 2019 - 11:11
Bagikan

Bagian 1

Manfaat Kesehatan dari Mendonorkan Darah

1. Meningkatkan kesehatan jantung

Donor darah membantu menjaga kadar zat besi dan mengurangi risiko masalah kardiovaskular dan juga membantu menjaga irama jantung Anda. Dengan menjaga kadar zat besi dalam pengawasan, sumbangan darah membantu mengurangi risiko pengembangan penyakit jantung juga.

2. Menghindari kanker

Kadar zat besi yang lebih rendah dalam tubuh mengurangi risiko terkena gejala kanker. Peluang menderita kanker terutama kanker usus besar, paru-paru, hati, tenggorokan dan paru-paru lebih rendah jika Anda menyumbangkan darah. Pengurangan tingkat zat besi dalam tubuh terkait dengan risiko kanker yang rendah.

3. Mencegah hemochromatosis

Salah satu manfaat kesehatan utama dari mendonorkan darah termasuk mengurangi risiko hemochromatosis. Ini adalah kondisi kesehatan yang timbul karena penyerapan zat besi yang berlebihan oleh tubuh. Kondisi ini dapat diturunkan atau disebabkan oleh alkoholisme, anemia, dan gangguan lainnya. Donor darah secara teratur akan mengurangi kelebihan zat besi dalam tubuh

4. Memungkinkan penurunan berat badan

Donor darah biasa menurunkan berat badan saat dalam proses dan ini bermanfaat bagi mereka yang mengalami obesitas dan berisiko lebih tinggi terkena penyakit kardiovaskular dan gangguan kesehatan lainnya. Karena itu membantu membakar kalori ekstra itu dalam tubuh Anda. Namun, donor darah yang sering tidak dianjurkan; berbicara dengan dokter Anda sebelum menyumbangkan darah.

5. Merangsang produksi sel darah

Salah satu manfaat kesehatan sentral dari donor darah adalah membantu menstimulasi produksi sel darah baru, yang menebus kehilangan darah dan dengan demikian membantu menjaga kesehatan dan kesejahteraan Anda secara keseluruhan.

6. Mengurangi risiko kerusakan hati dan pankreas

Ketika tingkat zat besi dalam tubuh Anda berlebihan, itu meningkatkan risiko gagal hati dan kerusakan pada pankreas. Karenanya, mendonorkan darah membantu menghilangkan zat besi tambahan; dan ini, pada gilirannya, membantu mengurangi risiko kerusakan hati dan pankreas.

7. Mengelola tekanan darah

Salah satu manfaat penting dari mendonorkan darah adalah dampaknya pada pengendalian kadar tekanan darah tinggi [6]. Ketika Anda menyumbangkan darah, volume darah seimbang, sehingga mencegah peningkatan tekanan darah. Jadi, jantung yang sehat itu baik untuk mencegah penyakit kardiovaskular.

Terlepas dari manfaat kesehatan utama ini, mendonorkan darah dapat membantu mengurangi stres, meningkatkan kesejahteraan emosional Anda, memberi manfaat bagi kesehatan fisik Anda, membantu menghilangkan perasaan negatif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro