Berapa Lama Normalnya Pasangan Dikaruniai Anak Pascamenikah?

Memiliki momongan adalah impian setiap pasangan suami istri pascamenikah.
Ria Theresia Situmorang
Ria Theresia Situmorang - Bisnis.com 17 Juni 2019  |  11:38 WIB
Berapa Lama Normalnya Pasangan Dikaruniai Anak Pascamenikah?
Ilustrasi - Tapchiphunu

Bisnis.com, JAKARTA -Memiliki momongan adalah impian setiap pasangan suami istri pascamenikah.

Anak dianggap anugerah terindah yang diterima pasangan suami istri yang meneruskan generasi mereka. Namun tidak semua orang bisa dengan mudah memiliki anak setelah mereka menikah.

Ada pasangan yang sangat cepat bisa mendapatkan momongan setelah menikah, namun ada juga yang harus menunggu bertahun-tahun sebelum akhirnya impian mereka terkabulkan.

Dilansir dari halaman healthline, 90 persen pasangan biasanya akan dikaruniai seorang anak setelah 12 hingga 18 bulan mencoba. Fertilitas normal disebutkan adalah masa pembuahan setelah menjalankan selama 12 bulan mencoba berhubungan badan tanpa alat kontrasepsi, yang umum dilakukan pada pasangan di usia dibawah 35 tahun. 

Jika diatas 35 tahun, kemungkinan ketidaksuksesan pembuahan akan semakin besar. Jadi wanita perlu tahu masa suburnya adalah di tengah masa antara mestruasi dan tidak. 

Anda juga disarankan untuk tidak menggunakan 'pelumas' ketika berhubungan, karena hal tersebut juga terkadang bisa menghambat pembuahan. 

Namun begitu, menurut data penelitian, ada saja 25 persen pasangan yang akan mendapatkan kabar bahagia atas kehamilan anak setelah 1 bulan mencoba, sementara 50 persen diantaranya baru akan membuahi setelah 6 bulan mencoba. Sisanya akan hamil setelah satu tahun atau tidak sama sekali dalam kurun waktu tersebut. 

Ketidakmampuan membuahi dalam kurun waktu tersebut bisa saja mengarah kepada kemandulan. Maka dari itu, perlu dilakukan evaluasi dan kontrol kepada dokter kandungan. Mungkin hal ini cukup memalukan bagi beberapa orang, namun menjadi penting jika Anda berusia di atas 35 tahun dan sudah menikah dalam kurun waktu yang lama. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
hamil

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top