Vice President Consumer Loans Group Giovani Luciani bersama anaknya, Leviana Dearma Belinda Pasaribu
Health

Pentingnya Kembangkan Jiwa Wirausaha Si Kecil

Maria Elena
Minggu, 23 Juni 2019 - 00:45
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Mengenalkan jiwa wirausaha kepada dunia si kecil perlu dilakukan sejak dini, namun tentunya tidak lepas dari bimbingan dan dukungan orang dewasa, termasuk orang tua.

Terhitung masih belia, Vice President Consumer Loans Group PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Giovani Luciani memberikan ruang kebebasan bagi anaknya untuk menyalurkan kreativitas.

Leviana Dearma Belinda Pasaribu, 10 tahun, sudah mulai berwirausaha sejak umur 9 tahun. Dimulai dari hobi membuat kue, Giovani berpikiran untuk menjadikan hobi ini sebagai bisnis, sekaligus melatih anak supaya lebih produktif dan tidak cenderung konsumtif.

"Jadi dulu saat kecil bikin kue emang hobi, terus mulai les pas uda kelas 3, dari situ keluarga punya ide bikin bisnis saja, jualin kue," katanya kepada Bisnis, belum lama ini.

Dengan berwirausaha, menurutnya, kreativitas yang sudah dilatih bisa menjadi modal utama si anak untuk hidup mandiri ketika beranjak dewasa.

Kue yang dijual bervariasi, di antaranya kue ulang tahun, red velvet, swiss roll, croissant, hingga cheese cake dengan range harga dari Rp45.000 hingga Rp200.000-an.

Seharinya, Leviana hanya menerima order maksimal 4 kue pada hari biasa, sementara pada akhir pekan kue yang dibuat bisa lebih, tergantung dari pesanan.

"Pada momentum khusus seperti perayaan natal, hampir setiap hari bisa 5 kue, bisa. jadi sebulan bisa ya 100 kue. Natal tahun lalu kami antar sekitar 150 kue dan tahun baru 75 kue" Jelas Giovani.

Giovani mengatakan, meskipun hampir setiap hari membuat kue, si kecil tetap bisa membagi waktu untuk belajar dan bermain. Leviana juga aktif mengikuti kegiatan ekstrakurikuler koding gim dan robotik, terhitung sambil bermain.

"Tidak berat sih, kalau lagi banyak orderan orang tua juga ikut bantu. Weekday kami batasi 4 pesanan, satu adonan bisa untuk 2 kue, sekali buat adonan 20 menit, setelah itu ngerjain tugas sekolah atau makan pas ngungguin kue matang," paparnya.

Dari bisnis yang terlahir dari hobi ini, si kecil bisa menghasilkan omzet hingga Rp10 juta per bulan. Bisnis yang sudah berjalan hampir 1,5 tahun ini, Leviana sudah mendapatkan total omzet sekitar Rp150 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Maria Elena
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro