Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Otak Manusia Memiliki Sistem Kerja yang Kompleks

Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Pelita Harapan, Eka J. Wahjoepramono menyampaikan bahwa otak manusia memiliki sistem kerja yang kompleks dan menakjubkan.
Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh
Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh - Bisnis.com 29 Juni 2019  |  14:46 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Pelita Harapan, Eka J. Wahjoepramono menyampaikan bahwa otak manusia memiliki sistem kerja yang kompleks dan menakjubkan.

Dia menjelaskan, otak manusia terdiri dari 100 milyar sel neuron, yang masing-masing terdiri atas 10.000 jaringan penghubung.

"Sehingga otak kita yang beratnya sekitar 1,5 kilogram ini, terdiri dari 10 pangkat 15 jaringan neuron" paparnya seperti dikutip dari keterangan resminya, Sabtu (29/6).

Eka mengatakan, apabila otak tidak beraktivitas, maka sel-sel di dalamnya satu per satu akan mengalami kerusakan yang bersifat permanen.

"Untuk mencegahnya, otak harus selalu diinduksi dengan membaca, berfikir, dan beraktifitas yang positif dan produktif," lanjutnya.

Selain itu, dia juga mengibaratkan waktu seperti otak dengan ungkapan 'Time is Brain' yang memiliki pesan agar manusia jangan sampai terlambat mengatasi terjadinya permasalahan yang ada di otak, salah satunya Stroke.

Dia juga mengingatkan pentingnya melakukan check-up otak sejak dini di rumah sakit yang kompeten.

"Hal ini tentunya sangat penting, sehingga jika terjadi kelainan dapat ditangani sejak awal," tandasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kesehatan
Editor : Andhika Anggoro Wening
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top