Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Potensi dan Tantangan Wildlife Tourism di Indonesia

Wisata alam liar atau yang dikenal dengan wildlife tourism merupakan elemen industri perjalanan yang berpusat pada pengamatan dan interaksi dengan hewan dan tanaman liar di habitat asli mereka.
Syaiful Millah
Syaiful Millah - Bisnis.com 01 Juli 2019  |  14:58 WIB
Potensi dan Tantangan Wildlife Tourism di Indonesia
Ilustrasi-Orangutan di Taman Nasional Gunung Leuser, Aceh. - Reuters/Roni Bintang
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Wisata alam liar atau yang dikenal dengan wildlife tourism merupakan elemen industri perjalanan yang berpusat pada pengamatan dan interaksi dengan hewan dan tanaman liar di habitat asli mereka.

Indonesia, yang memiliki bentangan alam luas mulai dari hutan, pantai, hingga pegunungan tentu menjadi salah satu negara di dunia yang memiliki potensi pengembangan wisata alam liar, sama seperti Afrika, Amerika Serikat, dan lain sebagainya.

Koordinator Sains dan Penelitian dari World Research Institute (WRI) Indonesia Dean Yulindra Affandi mengatakan bahwa kategori wisata tersebut dinilai memberikan dampak positif terhadap pelestarian lingkungan.

Selain itu, dia melanjutkan masuknya sektor wisata di beberapa lingkungan alam liar juga membantu peralihan mata pencaharian masyarakat lokal sekitar.

“Pengalaman kami waktu ke Tangkahan di Sumatera utara, awalnya mayoritas komunitas lokal itu bekerja sebagai ilegall logger. Tapi setelahnya dikenalkan oleh WWF tentang wildlife tourism disana, kemudian mereka sekarang menjadi pengelolanya ada yang jadi pawang Gajah,” katanya kepada Bisnis.

Beberapa wisata alam liar yang sudah cukup popular di Indonesia saat ini adalah wisata Tangkahan di Sumatera Utara yang memungkinkan pengunjung berinteraksi dengan Gajah. Tanjung Puting di Kalimantan Tengah dengan wisata Orang Utan dan Pulau Komodo di Nusa Tenggara Timur.

Dean menyatakan salah satu tantangan yang ada di Indonesia terkait wisata alam liar ini adalah masih minimnya inisiatif dari pengelola wilayah setempat dan pendampingan yang dilakukan oleh pihak berwenang.

Menurutnya, memang telah ada beberapa pihak yang mulai berinisiatif dan memiliki ide menjadikan sebuah kawasan sebagai wisata alam liar, ekowisata, atau wisata berkelanjutan, tetapi belum menemukan jalan yang tepat untuk merealisasikannya termasuk juga karena kurangnya pendampingan.

Selain itu, masalah sumber daya juga menjadi tantangan lain dalam pengelolaan wisata alam liar ini, “Kita ngomong resource itu engga cuma uang atau pendanaan saja tetapi juga keterampilan yang harus dimiliki oleh masyarakat sekitar untuk menjadi guide,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pariwisata
Editor : Andhika Anggoro Wening
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top