Kisah Duo Pilot di Balik Jam Tangan Mewah IWC Schaffhausen

Apa makna jam tangan bagi seorang pilot?
Nancy Junita
Nancy Junita - Bisnis.com 02 Juli 2019  |  07:06 WIB
Kisah Duo Pilot di Balik Jam Tangan Mewah IWC Schaffhausen
Jam tangan Double Chronograph Top Gun Ceratanium produksi IWC Schaffhausen - Dok. IWC Schaffhausen

Bisnis.com, KUALA LUMPUR – Apa makna jam tangan bagi seorang pilot?

Jaka Pituana, pilot senior yang bertugas di Malaysia Airlines Berhad (MAB), menuturkan bahwa jam tangan sangat penting dan merupakan salah satu kelengkapan wajib.

“Jam tangan yang dipakai seorang pilot harus sesuai Company Operation Manual Part-A, walaupun perusahaan tidak menyediakannya. Berbeda dengan pilot TNI-AU, kami diberi jam tangan secara gratis,” ujar Jaka kepada Bisnis.com pekan lalu.

Jaka yang pernah menjadi penerbang TNI AU pada 1987-1997 ini menuturkan bahwa fungsi utama dari jam tangan adalah sebagai penunjuk waktu.

Artinya,  seorang pilot selalu fokus pada ketepatan jadwal keberangkatan dan kedatangan, juga ketepatan saat terbang melalui ‘way poin’, karena pilot harus melakukan ‘pilot report’.

“Pada setiap posisi tertentu pilot harus melakukan komunikasi dengan menara pengawas sesuai estimasi waktu berada di setiap way poin, sehingga ketepatan waktu penerbangan bisa dikoreksi bila mengalami keterlambatan lebih dari 2 menit,” ujar Jaka.

Ketepatan waktu sangat penting, terlebih di dunia militer, pasalnya ketepatan waktu sangat menentukan keberhasilan suatu misi. Keterlambatan bisa berakibat fatal.

“Penerbang TNI AU identik dengan pesawat tempur yang kalau bermanuver  bisa melampaui 9 gaya gravitasi atau 9G jadi harus memiliki ketahanan khusus. Sejauh ini, OMEGA yang pernah dan masih dipakai oleh pilot TNI AU,” kata Jaka.

Jaka yang pernah bertugas di Garuda Indonesia menambahkan meskipun jam tangan penting untuk seorang pilot, namun dia tak ada pikiran untuk membeli jam dengan harga di atas Rp100 juta.

 

Tag : jam tangan
Editor : Nancy Junita
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top