Waspadai Bahaya Tungau Bagi Kesehatan

Tungau merupakan hewan tidak kasat mata yang hidup dengan memakan sisa materi organik seperti kelupasan kulit manusia.
Dewi Andriani
Dewi Andriani - Bisnis.com 10 Juli 2019  |  10:20 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Banyak yang tidak menyadari bahwa penyebab munculnya asma atau alergi bisa berasal dari tempat tidur. Sebab, di tempat tidur inilah tungau bisa muncul.

Tungau sendiri merupakan hewan tidak kasat mata yang hidup dengan memakan sisa materi organik seperti kelupasan kulit manusia.

Tungau debu merupakan alergen (zat pemicu alergi) bagi banyak orang. Gigitan tungau debu atau bahkan tungau debu yang sudah mati sekalipun bisa menyebabkan reaksi alergi. Tungau ini juga bisa memicu asma pada penderita asma, dan menimbulkan gejala sesak napas, nyeri dada, batuk, dan napas berbunyi atau mengi.

Eric Adi Saputra, Product Manager PT Kawan Lama Inovasi mengatakan untuk menghindari paparan dari tungau debu, maka perlu untuk selalu menjaga kebersihan dari tempat tidur, salah satunya dengan menggunakan vacum cleaner anti alergi Raycop.

Dia mengklaim bahwa vacum cleaner ini dapat membasmi 90% tungau dalam waktu 3 menit. Adapun model terbaru dan tercanggih dari Raycop adalah RS-300.

“Alat ini memiliki fitur paling lengkap dan mutakhir, dua mode operasi, desain motor yang senyap, sensor cartridge filter, rotating brush, vibrating pad, lampu UV-C, Sensor lampu UV-C,  fungsi child lock, dan desain exhaust yang disempurnakan,” ujarnya dalam rilis yang diterima Bisnis, Rabu (10/7/2019).

Menurutnya, RS-300 sangat mudah dan nyaman digunakan karena didesain secara ergonomis. Untu menggunakannya cukup dengan satu tombol, baik untuk menyalakan, menjalankan maupun mematikan alat.

“RS-300 merupakan vacuum cleaner anti allergy yang sangat efektif dalam membasmi tungau, dilengkapi vibrating pad dengan getaran yang kuat sehingga tungau-tungau yang berada pada bagian bawah kasur ataupun sofa akan bergerak naik ke permukaan dan mati saat terkena sinar dari lampu UV-C,” terangnya.

Tungau tersebut kemudian terhisap ke dalam alat melewati 2 kali proses pemfilteran (Cartridge HEPA dan micro filter) sehingga efektif dalam menyaring objek yang sangat kecil sekalipun. Selain itu, alat ini dilengkapi dengan spinning brush yang berfungsi  menyapu rambut atau bulu hewan piaraan pada tempat tidur, sofa, maupun karpet.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kulit, Alergi

Editor : Akhirul Anwar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top