Ilustrasi/Babypost
Health

Tumbuhkan Kecerdasan pada Anak Sejak Dini

Reni Lestari
Senin, 15 Juli 2019 - 17:54
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Kecerdasan sering dikaitkan dengan skor IQ seseorang. Padahal yang lebih penting dari angka tersebut adalah bagaimana seseorang menggunakan kecerdasannya untuk penyelesaian masalah sehari-hari serta menciptakan solusi dan peluang-peluang baru.

Pada anak, kecerdasan yang menjadi bekal kehidupan saat dewasa, bisa ditumbuhkan sedini mungkin. Ayu Savitri, konsultan homeschooling, mengatakan syarat pertama untuk menumbuhkan kecerdasan pada anak adalah lingkungan yang mendukung.

"Banyak sekali orang tua yang tidak mau anaknya susah. Ketika Anda terlalu berlebihan dalam memperlakukan anak, pada akhirnya dia akan manja dan malas berpikir," tuturnya.

Dia melanjutkan lingkungan yang mendukung pertumbuhan kecerdasan anak perlu diciptakan sejak dini. Caranya, beri anak tantangan-tantangan sesuai dengan usianya.

Dengan demikian, dia akan banyak berpikir untuk keluar dari tantangan tersebut. Selain itu, lingkungan yang mendukung juga akan meningkatkan kemauan belajar anak, sehingga kecerdasannya terus terjaga.

Ayu mengatakan pada dasarnya kecerdasan bisa ditingkatkan dan dikembangkan. Syaratnya adalah kemauan belajar yang tidak putus. Selanjutnya, ajak anak mengenali bakat dan kemampuannya dengan memperbanyak aktivitas di luar rumah.

Aktivitas di luar rumah juga akan memberikan anak pengalaman dan ruang untuk mempraktikkan teori yang dipelajari di sekolah maupun di rumah.

"Sekolah hanya mengajarkan teori, cara menghapal, dan mengulang informasi, praktik itu jarang dilakukan. Supaya anak cerdas, harus sering praktik daripada teori," ujarnya.

Selanjutnya yang tidak kalah penting adalah contoh atau teladan yang ditunjukkan oleh orang tua. Tunjukkan kepada anak Anda kebiasaan yang baik seperti membaca buku, menganalisis informasi yang diterima dari televisi dan lain sebagainya.

"Ketika Anda ingin punya anak yang cerdas dan punya moral baik, Anda harus bersikap sesuai dengan harapan itu," paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Reni Lestari
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro