Ilustrasi utang/Istimewa
Relationship

4 Cara Hindari Depresi karena Masalah Keuangan

Ria Theresia Situmorang
Selasa, 16 Juli 2019 - 07:56
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Anda mungkin sudah biasa mendengar kalau uang adalah akar dari masalah, tapi yang juga tak kalah tren saat ini adalah ungkapan bahwa uang adalah akar dari depresi mental. 

David Richards, profesor mental health service research dari University of Exeter membagikan tips untuk terhindar dari masalah depresi karena masalah finansial yang dikutip dari nhs.uk sebagai berikut

1. Tetap aktif

Tetaplah menghubungi teman dan kerabat, perbaharui resume Anda dan bayar tagihan bulanan dengan sisa uang yang Anda punya. Jika Anda sedang menganggur saat ini, berolahragalah karena dengan menggerakkan tubuh, Anda akan terhindar dari masalah finansial walau sesaat. 

Berolahraga tidak perlu mengeluarkan banyak uang. Berjalan atau berlarilah di sekitar wilayah tempat tinggal setiap pagi sembari menghirup udara segar. 

2. Hadapi kenyataan

Jika terlilit utang, usahakan untuk tetap memprioritaskan tujuan Anda untuk membayarnya, bukan lari. Gejala stres pada umumnya adalah menghindari komunikasi dengan orang lain.

Maka dari itu perlu untuk menyadari kalau Anda sedang terlilit masalah keuangan dan mengakui kalau semuanya adalah salah Anda.

3. Jangan sekali-kali mengonsumsi alkohol

Alkohol mungkin bisa membuat lupa dari masalah keuangan, namun hanya sesaat dan alkohol tak lantas membuat Anda memiliki sejumlah uang. 

Minum alkohol hanya akan mengisi perasaan kesendirian Anda yang mempengaruhi emosi, sehingga mengonsumsi alkohol hanya akan menambah masalah kesehatan. 

4. Jangan biarkan masalah keuangan menggangu aktivitas sehari-sehari

Jangan karena memiliki kondisi keuangan yang tak baik, Anda berhenti untuk membuatkan sarapan untuk anak dan mengantarkan mereka sekolah. Melakukan aktivitas sehari-hari seperti bekerja, memasak dan berolahraga adalah kegiatan positif yang perlu Anda lakukan meski memiliki masalah keuangan. 

Jangan sampai tidak makan sehat hanya karena tidak memiliki cukup uang lagi seperti dulu. Kondisi keuangan adalah hal yang paling wajar berubah, tugas Anda hanyalah mewaspadai hal-hal buruk yang dapat terjadi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro