Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Berapa Usia Anak Sebaiknya Masuk PAUD?

Pendidikan anak usia dini (PAUD) seringkali dipilih orang tua bagi anaknya sebelum masuk taman kanak-kanak (TK). Usia berapa anak sebaiknya dimasukkan ke sekolah PAUD?
Reni Lestari
Reni Lestari - Bisnis.com 23 Juli 2019  |  15:20 WIB
Berapa Usia Anak Sebaiknya Masuk PAUD?
Ilustrasi Paud - www.kejarpaket.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pendidikan anak usia dini (PAUD) seringkali dipilih orang tua bagi anaknya sebelum masuk taman kanak-kanak (TK). Usia berapa anak sebaiknya dimasukkan ke sekolah PAUD?

Psikolog pendidikan Lily Anggraini mengatakan, umumnya antara 3 hingga 4 tahun. Namun dia menyarankan agar anak mulai sekolah pada usia 4 tahun. Mengapa?

Lily mengatakan, anak usia 4 tahun biasanya sudah lebih siap untuk masuk lingkungan sekolah, karena secara kemampuan indera sudah matang, sudah bisa membedakan stimulus visual, audio, rabaan, dan kinestetik.

"Itu akan menjadi modal dia untuk mempelajari hal-hal baru," ujarnnya.

Selain itu, secara kognisi anak usia 4 tahun sudah memiliki konsep bentuk, warna, angka, serta secara bahasa sudah bisa mengungkapkan pemikiran dan memahami kalimat yang panjang sehingga bisa menangkap materi yang disampaikan guru.

Pada dasarnya, PAUD memiliki peran untuk mendukung tahap stimulasi belajar anak. Harapannya, saat memasuki masa TK, anak sudah lebih siap terutama dalam belajar dan beradaptasi dengan lingkungan sekolah. Anak yang langsung masuk TK tanpa melalui PAUD kemungkinan akan kesulitan beradaptasi.

Namun demikian, Lily mengatakan, hal tersebut kembali ke kebutuhan orang tua dan anak. Jika orang tua mampu memberikan stimulus dengan bermain dan bersosialisasi dengan anak di rumah, maka kebutuhan tersebut sudah terpenuhi.

Sebaliknya, jika orang tua dua-duana bekerja dan tidak memiliki banyak waktu untuk dihabiskan bersama anak, PAUD adalah pilihan tepat untuk anak, bahkan jika dibawah usia 4 tahun.

"Jadi kembali lagi mempertimbangkan aspek kebutuhn orang tua dan anak. Kalau memang kebutuhannya anak masuk lebih muda dari 4 tahun ya tidak apa-apa," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pendidikan anak parenting
Editor : Rustam Agus
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top