Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Lima Alasan Tubuh Kita Butuh Kolagen

Kolagen memiliki peran penting bagi kesehatan tubuh, terutama untuk melindungi organ penting di dalam tubuh, menjaga kondisi kulit agar tetap prima, dan berfungsi untuk kesehatan gigi.
Eva Rianti
Eva Rianti - Bisnis.com 26 Juli 2019  |  13:55 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Kolagen adalah protein dalam tubuh yang merupakan komponen struktural utama yang berada hampir di seluruh jaringan ikat.  

Kolagen memiliki peran penting bagi kesehatan tubuh, terutama untuk melindungi organ penting di dalam tubuh, menjaga kondisi kulit agar tetap prima, dan berfungsi untuk kesehatan gigi.  

Dilansir dari Medicaldaily, berikut lima alasan tubuh kita membutuhkan kolagen.  

Menjaga tubuh tetap lengkap

Kolagen didefinisikan oleh para ahli sebagai protein berserat yang ditemukan di kulit, gigi, tulang, tulang rawan, pembuluh darah, kuku, dan rambut.

Kolagen juga merupakan protein struktural yang bertanggung jawab untuk menjaga tubuh tetap lengkap dan menyatukannya. Jadi kolagen itu seperti lem yang menempelkan semua bagian tubuh kita.

Mendukung sistem tubuh

Kolagen merupakan polipeptida, senyawa yang terdiri atas dua asam amino atau lebih. Polopeptida melekat pada rantai karbohidrat. Ini adalah proses penting karena membuka jalan menuju produksi glikoprotein.

Glikoprotein bertugas untuk mendukung berbagai sistem tubuh manusia, termasuk sistem reproduksi, sistem pencernaan, dan sistem kekebalan tubuh.

Menjaga fleksibilitas ligamen

Seiring bertambahnya usia, Anda secara alami kehilangan kolagen di dalam tubuh. Kolagen dan jenis protein lainnya mengandung beberapa asam amino menjadi aspek penting dalam menjaga ligamen Anda tetap fleksibel.

Selain itu juga dapat mencegah Anda memiliki otot yang lemah, keriput, dan kondisi kesehatan terkait usia lainnya.

Melindungi dari sinar matahari

Tubuh kita secara alami memproduksi kolagen. Tetapi seiring bertambahnya usia, produksinya terancam. Tanpa cukup kolagen dalam tubuh, kita lebih berisiko dengan kondisi kesehatan tertentu yang disebabkan oleh pola makan yang buruk atau nutrisi yang tidak tepat.

Selain itu, tubuh kita juga mengkatabolisasi kolagen yang dihasilkan dan memberi kita semacam perlindungan dari tindakan merusak, seperti merokok dan menghabiskan terlalu banyak waktu di bawah sinar matahari.

Menjaga kesehatan kulit, rambut, dan kuku

Manfaat kolagen yang tak kalah penting dan sudah diketahui secara umum adalah dapat menjaga kulit, rambut, kuku, tulang, gigi, jaringan ikat, dan tulang rawan agar tetap sehat.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kulit
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top