Sutradara Dunia Pastikan Ambil Bagian di Sarajevo Film Festival

Sejumlah sutradara top dunia, termasuk peraih dua kali Oscar Alejandro Gonzalez Inarritu, akan memutar film mereka dan mengadakan kelas master untuk menghormati Festival Film Sarajevo ke-25 pada Agustus 2019.
Reni Lestari
Reni Lestari - Bisnis.com 27 Juli 2019  |  20:48 WIB
Sutradara Dunia Pastikan Ambil Bagian di Sarajevo Film Festival
Sutrdara Alejandro Gonzalez Inarritu saat menghadiri Festival Film Cannes - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Sejumlah sutradara top dunia, termasuk peraih dua kali Oscar Alejandro Gonzalez Inarritu, akan memutar film mereka dan mengadakan kelas master untuk menghormati Festival Film Sarajevo ke-25 pada Agustus 2019.

Festival Film Sarajevo didirikan oleh sekelompok penggemar pada 1995 sebagai upaya pembangkangan terhadap pengepungan Sarajevo selama 43 bulan oleh pasukan Serbia Bosnia. Festival ini merupakan kompetisi film dan platform industri terbesar di wilayah yang membentang dari Wina ke Istanbul.

Tahun ini Festival Film Sarajevo menghadirkan para elite bioskop untuk berbagi pengalaman mereka dengan para profesional muda, sehingga memenuhi misinya untuk menghubungkan industri dari seluruh dunia.

"Karena kami telah meluncurkan festival, tujuan utama kami adalah menjadi platform yang kuat tempat kami akan menemukan, mendukung, dan mempromosikan talenta dari wilayah ini, memberikan mereka jejaring terbaik," ujar Mirsad Purivatra, direktur festival, seperti dilansir Reuters, Sabtu (27/7/2019).

Kompetisi festival akan menyeleksi 53 film dalam empat bagian berbeda mulai 16 hingga 23 Agustus 2019. Juri akan diketuai sutradara dan penulis skenario Swedia Ruben Ostlund, peraih Palme d'Or di Festival Film Cannes 2017 untuk film The Square.

Sutradara Israel Nadav Lapid, dengan filmnya Sinonim memenangkan Golden Bear Festival Film Berlin 2019, akan menjadi anggota juri dalam kompetisi film mahasiswa. Lapid juga akan memberikan kelas master kepada penulis film muda.

"Kami adalah festival kecil dengan sejumlah kecil tamu yang dipilih dengan cermat. Para selebriti diundang ke sini untuk berbagi kisah mereka dengan talenta muda, mengubah festival menjadi laboratorium besar," kata Izeta Gradjevic, direktur kreatif festival.

Dua sutradara ternama Inarritu dan sutradara Polandia Pawel Pawlikowski akan menerima penghargaan Heart of Sarajevo atas kontribusi luar biasa pada seni film.

Inarritu memenangkan Oscar untuk sutradara terbaik pada 2014 dan 2015 masing-masing melalui film "Birdman dan The Revenant. Pada Mei 2019 Innaritu memimpin dewan juri di festival Cannes, tempat ia memenangkan penghargaan sutradara terbaik pada 2006 untuk film Babel.

Sementara itu, Pawlikovski, dengan filmnya Ida memenangkan Oscar untuk film asing terbaik pada 2015. Ia juga menerima penghargaan sutradara terbaik untuk Cold War di festival Cannes 2018. Pawlikovski akan menjadi tamu undangan untuk ketiga kalinya.

"Kami selalu ingin festival film Sarajevo menjadi festival untuk semua manusia, festival di mana tidak ada orang yang tidak terjangkau, dan di mana penulis terkenal dapat berbicara kepada penonton," kata Purivatra.

Pembuat film internasional lainnya, seperti sutradara dan penulis skenario Romania Cristi Puiu, sutradara Hungaria Bela Tarr dan sutradara film Palestina Elia Suleiman, juga akan menjadi tamu acara ini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
festival film

Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top