Kesetaraan Gender & Peran Perempuan Dirayakan di Cannes Tahun Ini

Bintang film termasuk Salma Hayek dan Eva Longoria merayakan peran wanita di industri film pada pesta mewah di Cannes, sebagai bagian dari upaya mempromosikan kesetaraan gender.
Kesetaraan Gender & Peran Perempuan Dirayakan di Cannes Tahun Ini Reni Lestari | 21 Mei 2019 16:36 WIB
Kesetaraan Gender & Peran Perempuan Dirayakan di Cannes Tahun Ini
Salma Hayek dan Francois-Henri Pinault di pesta pembukaan Cannes Film Festival 2019 di Prancis. - Reuters/Regis Duvignau

Bisnis.com, JAKARTA – Bintang film termasuk Salma Hayek dan Eva Longoria merayakan peran wanita di industri film pada pesta mewah di Cannes, Prancis, sebagai bagian dari upaya mempromosikan kesetaraan gender pada industri yang masih jauh dari harapan.

Festival Film Cannes, hajatan insan film paling penting sejagat, tahun lalu menandatangani kesepakatan untuk menyetarakan jumlah pria dan wanita dalam manajemen puncaknya pada 2020.

Aktor dan pembuat film yang berpartisipasi dalam edisi tahun ini telah bergabung dengan para aktivis untuk memperingatkan bahwa sementara sikap industri sedang berubah, kemajuan masih lambat.

"Kami memiliki banyak pekerjaan yang harus dilakukan dan saya pikir kami tidak akan menyerah," kata Longoria kepada wartawan di acara makan malam Women in Motion di Cannes.

"Setiap kali kita melihat sesuatu membaik, kita tidak bisa hanya mengatakan 'Oh oke, mari kita santai, momentumnya akan seperti itu'. Itu tidak akan terus seperti itu, kita harus terus mengubah industri untuk diri kita sendiri," lanjutnya.

Aktris China Gong Li, bintang film "Farewell My Concubine", dianugerahi hadiah untuk kariernya di acara tersebut.

Di Cannes, empat wanita bersaing untuk anugerah film Palme D’Or tahun ini, termasuk Franco-Senegalese Mati Diop dan Celine Sciamma dari Prancis. Di sisi lain, proporsinya wanita di produksi film terkadang lebih tinggi. Sebanyak 40% film bersaing di Festival Berlin pada Februari diproduksi oleh wanita.

"Kami mendengar banyak tentang bagaimana waktu berubah dan membaik, dan itu benar. Idenya adalah untuk mendukung tren itu. Tetapi angka-angka itu masih tidak terlihat bagus," kata Delphyne Besse, seorang spesialis penjualan film.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
festival film, festival film cannes

Sumber : Reuters

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top