7 Efek Kurang Tidur Pengaruhi Kecantikan

Pernah mendengar istilah ‘beauty sleep’ atau tidur cantik?
Ria Theresia Situmorang
Ria Theresia Situmorang - Bisnis.com 12 Agustus 2019  |  12:50 WIB
7 Efek Kurang Tidur Pengaruhi Kecantikan
Ilustrasi - Sleeping pods di kawasan Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta. - Bisnis/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Pernah mendengar istilah ‘beauty sleep’ atau tidur cantik?

Kalimat itu bukan sekadar istilah belaka, karena memang tidur bisa membuat Anda semakin cantik. Kurang tidur telah lama dibuktikan dapat mempengaruhi kesehatan kulit dan tubuh, selain dari terlihat capai dan munculnya guratan hitam di bawah mata.

Tidur yang berkualitas sangat penting bagi pikiran dan badan Anda, terlebih lagi ada 7 efek kurang tidur yang dapat mempengaruhi kecantikan Anda, dikutip dari Boldsky:

1.Kulit kurang bersinar

Kurang tidur ternyata dapat meningkatkan level kortisol, hormon yang memicu inflamasi pada kulit yang akhirnya membuat kulit terlihat kusam. Karena itu, ketika Anda kurang tidur, kulit Anda cenderung terasa kering.

2. Jerawat muncul

Salah satu efek dari kurang tidur berkepanjangan adalah timbulnya jerawat di areal wajah. Tidur yang tidak berkualitas dapat melemahkan sistem imun dan kulit Anda, sehingga semakin peka terhadap bakteri dan kuman penyebab jerawat.

3. Memperburuk kondisi kulit

Kurang tidur bukan hanya memicu jerawat muncul pada kulit wajah Anda, tapi juga memperburuk kondisi kulit Anda. Jika Anda sudah memiliki jerawat sebelum memulai kebiasaan jelek ini, bukan tidak mungkin kesehatan kulit Anda akan diperparah dengan warna wajah kemerahan hingga iritasi.

4. Mempercepat penuaan

Tidur yang tidak berkualitas ternyata juga mengurangi produksi kolagen kulit yang memicu pertanda penuaan pada kulit, seperti timbulnya kerutan dan garis-garis halus pada kulit. Selain itu, kurang tidur juga dapat mengurangi fungsi lapisan kulit yang sama-sama akan berdampak pada proses penuaan dini.

5. Kulit mengering

Ketika Anda tertidur, badan Anda tidak hanya beristirahat tapi juga melembabkan lapisan luar kulit. Sehingga banyak ahli kesehatan yang menganjurkan untuk tidur teratur agar kulit terhindar dari dehidrasi. Karena, jika kulit Anda mengering, banyak sekali masalah kulit yang bisa terjadi termasuk diantaranya iritasi.

6. Kantung mata menghitam

Area di bawah mata Anda adalah lapisan kulit yang sangat sensitif, sehingga cepat sekali bisa mendeteksi kondisi kurang tidur hanya dari melihat area bawah mata Anda. Kondisi awal yang dapat terlihat umumnya adalah kulit di area bawah mata membengkak dan berwarna hitam.

7. Berat badan naik

Studi menunjukkan, kurang tidur dalam jangka waktu lama juga mempengaruhi berat badan Anda. Waktu tidur yang berkurang umumnya menimbulkan rasa lapar saat tengah terjaga, sehingga jika aktivitas ini dilakukan dalam kurun waktu yang lama, Anda bisa mengidap obesitas.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
tidur, kecantikan

Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top