Lima Kunci Mencapai Kebahagiaan Pribadi, Salah Satunya Punya Kebebasan

Setidaknya ada lima kunci seseorang bisa merasakan sebuah kebahagiaan pribadi, yaitu memiliki dukungan sosial, materi, kesehatan, kedermawanan, dan juga kebebasan.
Eva Rianti
Eva Rianti - Bisnis.com 16 Agustus 2019  |  14:41 WIB
Lima Kunci Mencapai Kebahagiaan Pribadi, Salah Satunya Punya Kebebasan
Ilustrasi - Testube

Bisnis.com, JAKARTA – Tidak ada rahasia khusus untuk mencapai kebahagiaan pribadi. Tidak ada juga aturan yang ditetapkan tentang bagaimana seseorang secara pribadi mencapai kebahagiaan atau yang biasa dianggap sebagai kebahagiaan universal.

Ini dikarenakan ada berbagai hal yang membuat orang bisa berbeda dalam merasakan sebuah kebahagiaan. Namun, secara keilmuan, penelitian yang dilakukan selama 30 tahun memberikan gambaran tentang beberapa hal yang menjadi faktor tercapainya sebuah kebahagiaan.

Berikut lima kunci seseorang untuk bisa mencapai kebahagiaan pribadi, seperti dilansir dari Medicaldaily.

Pertama, dukungan sosial. Kenyataanya, saat ini banyak orang yang cenderung merasa kesepian. Sesuai dengan penelitian global, memiliki orang-orang penting dalam hidup, terutama pada saat dibutuhkan, adalah kunci untuk menjalani kehidupan yang lebih sehat.

Dukungan dari orang-orang ini bisa siapa saja, baik orang yang memiliki hubungan kekeluargaan, pertemanan, ataupun hubungan lainnya.

Kedua, uang. ‘Uang tidak bisa membeli kebahagiaan’, ungkapan ini sudah dikenal secara umum. Namun, meskipun ungkapan tersebut dinilai benar, tidak dapat dipungkiri bahwa uang juga menjadi kunci untuk hidup lebih bahagia.

Hal itu lantaran uang dapat membeli keamanan dan kenyamanan. Kita hidup di dunia yang mahal dan uang bisa dibilang salah satu cara untuk bisa membantu menghilangkan stres akibat masalah hidup. Pendeknya, uang membawa pilihan bagi orang, dan dengan mudah dapat meningkatkan kualitas hidup.

Ketiga, kesehatan. Salah satu kebahagiaan terbesar yang didapatkan oleh setiap orang adalah tubuh yang sehat. Kesehatan dapat menentukan kualitas hidup yang Anda miliki.

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang bugar dan berolahraga secara teratur dapat mengurangi risiko terkena depresi.

Keempat, kedermawanan. Ini mungkin sedikit mengejutkan, namun percaya atau tidak, kemurahan hati sebenarnya telah terbukti banyak berkontribusi pada kebahagiaan pribadi karena dapat menciptakan rasa puas.

Kedermawanan juga merupakan cara utama yang digunakan manusia untuk bisa saling terhubung atau terkoneksi satu sama lain.

Kelima, kebebasan. World Happiness Report menyatakan bahwa mencapai hak-hak Anda sebagai pribadi dan diizinkan untuk membuat pilihan sendiri dapat membuat seseorang merasa bahagia. Ini dapat berlaku untuk banyak bidang, misalnya kebebasan politik dan kebabasan ekonomi. Bisa juga kebebasan lainnya, seperti kebebasan memilih pasangan dan memilih pekerjaan yang sesuai dengan hati. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
tips bahagia

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top