Sutradara Senior Ken Loach Kritik Waralaba Film Marvel Cinematic Universe

Sutradara veteran Ken Loach bergabung dengan nama-nama tokoh perfilman yang mengkritik waralaba film pahlawan super, khususnya Marvel Cinematic Universe (MCU).
Syaiful Millah
Syaiful Millah - Bisnis.com 22 Oktober 2019  |  20:55 WIB
Sutradara Senior Ken Loach Kritik Waralaba Film Marvel Cinematic Universe
Sutradara film Ken Loach - The Hollywood Reporter

Bisnis.com, JAKARTA – Sutradara veteran Ken Loach bergabung dengan nama-nama tokoh perfilman yang mengkritik waralaba film pahlawan super, khususnya Marvel Cinematic Universe (MCU).

Dilansir The Hollywood Reporter, Selasa (22/10/2019), Loach yang berusia 81 tahun itu menilai petualangan Iron Man, Thor, dan teman-temannya bukan bagian favorit di industri layar lebar.

Bahkan, secara tegas dan terang-terangan Loach menyebut apa yang dilakukan Marvel Studio sebagai hasil yang membosankan dan dikomentari dengan sinis.

“Mereka [film-film Marvel] dibuat sebagai komoditas seperti hamburger. Ini bukan tentang cara berkomunikasi dan bukan juga tentang cara kita berbagi imajinasi,” kata Loach dalam sebuah wawancara baru-baru ini.

“Ini hanyalah tentang membuat komoditas yang akan menghasilkan keuntungan besar bagi perusahaan. Itu adalah strategi pasar, tidak ada hubungannya dengan seni perfilman,” imbuh Loach.

Loach merupakan sutradara flim senior yang pernah dua kali menyabet Palme d’Or, penghargaan tertinggi dalam ajang Cannes Film Festival untuk film The Wind That Shakes the Barley (2006) dan I, Daniel Blake (2016).

Loach menjadi sutradara film kawakan lain yang secara terbuka mengkritik waralaba Marvel Cinematic Universe (MCU). Sebelumnya, sutradara Francis Ford Coppola menyebut film-film Marvel dengan istilah despicable (hina atau tercela).

Adapun tokoh industri perfilman yang pertama kali memicu kontroversi tentang waralaba MCU adalah sutradara Martin Scorsese. Dia menyebut film produksi Marvel bukan bagian dari sinema melainkan hanya film-film taman bermain.

Tampaknya perbincangan tentang hal ini telah menjadikan publik terpecah menjadi dua pihak. Sebagian setuju dengan pernyataan Scorsese dan sebagian lainnya menentang. Para sutradara dan aktor dalam film-film Marvel juga telah angkat bicara.

Aktor Sebastian Stan, pemeran karakter Winter Soldier mengungkapkan banyak orang yang berterima kasih kepadanya untuk film-film Marvel yang telah ditayangkan.

“Banyak orang mendatangi saya dan mengucapkan terima kasih banyak untuk karakter ini [Winter Soldier], film ini sangat menginspirasi dan saya merasa lebih baik. Jadi bagaimana bisa dikatakan film ini tidak bermakna bagi orang lain?” ungkapnya.

Begitu juga dengan aktris Natalie Portman yang memerankan Jane Foster. Ia memberikan pembelaannya tentang waralaba MCU.

“Saya kira ada ruang bagi semua jenis film di bioskop dan ada banyak cara membuat seni. Menurut saya, Marvel sangat populer karena mereka benar-benar menghibur dan orang menginginkan hiburan setelah bekerja,” kata Foster.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
film hollywood

Editor : Saeno
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top