Sumber: Huffingtonpost
Health

Kekuatan Ketahanan Keluarga Lindungi Anak dari Bahaya Bullying

Reni Lestari
Jumat, 8 November 2019 - 13:36
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sebuah studi menunjukkan bahwa anak-anak yang terpapar trauma masa kanak-kanak berisiko lebih tinggi untuk di-bully atau mem-bully teman-temannya.

Penelitian baru yang dipresentasikan pada American Academy of Pediatrics (AAP) 2019 ini menunjukkan bahwa ketahanan keluarga, yakni kemampuan untuk bekerja sama untuk mengatasi masalah, misalnya, mengurangi risiko bullying pada anak.

"Bullying adalah masalah yang tersebar luas, terutama di antara anak-anak yang mengalami bentuk trauma lainnya," kata peneliti utama Elizabeth Li, seorang peneliti di Departemen Pediatri di Pusat Medis Anak Steven & Alexandra Cohen di New York dilansir Science Daily, Jumat (8/11/2019).

Dia melanjutkan, hal ini dapat menyebabkan masalah kesehatan mental di kemudian hari, mempengaruhi baik anak yang diintimidasi maupun yang melakukan intimidasi, serta mereka yang menyaksikannya.

Tim peneliti menganalisis tanggapan terhadap National Survey of Children's Health (NSCH) 2016-2017, yang menanyakan kepada orang tua di AS dengan anak-anak usia 6 hingga 17 tahun.

Pertanyaan tentang kesehatan fisik dan mental sang buah hati, akses pada perawatan kesehatan berkualitas, kondisi keluarga, lingkungan, sekolah, dan sosial.

Pada 2016, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit memperkenalkan "ketahanan keluarga" ke NSCH sebagai tindakan gabungan berdasarkan tanggapan pengasuh terhadap pertanyaan:

"Ketika keluarga Anda menghadapi masalah, seberapa sering Anda melakukan masing-masing hal berikut?

(a) berbicara bersama tentang apa yang harus dilakukan

(b) bekerja bersama untuk memecahkan masalah

c) tahu kami memiliki kekuatan untuk memanfaatkan; dan

(d) tetap berharap bahkan di masa-masa sulit. "

Anak-anak digolongkan sebagai pengganggu jika orang tua mereka menjawab "pasti" atau "agak benar" ketika ditanya apakah anak mereka "menindas orang lain, memilih mereka, atau mengecualikan mereka."

Mereka digolongkan sebagai korban bullying jika orang tua mereka menjawab "pasti" atau "agak benar" ketika ditanya apakah anak mereka "diintimidasi, diangkat, atau diabaikan oleh anak-anak lain." Analisis dikontrol untuk usia, jenis kelamin, ras / etnis, dan pendapatan keluarga.

Temuan menunjukkan bahwa cara keluarga bereaksi dan menanggapi peristiwa traumatis dapat memiliki dampak signifikan pada perilaku dan kesejahteraan anak mereka, kata Andrew Adesman, peneliti senior studi dan kepala pediatrik perkembangan & perilaku di Pusat Medis Anak-anak Steven dan Alexandra Cohen di New York.

"Orang tua harus menyadari bagaimana mereka menangani kesulitan dan mempertimbangkan dampak langsung dan tidak langsung yang mungkin terjadi pada anak-anak mereka," kata Adesman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Reni Lestari
Editor : Rustam Agus
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro